Kirab Obor Hadirkan Demam Asian Games 2018 di NTB

Parade Kirab Obor Asian Games 2018 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)
Sumber :
  • INASGOC

VIVA – Setelah dari Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berlanjut di kawasan wisata kota tua Ampenan. Di kawasan tersebut, api abadi paduan dari India dan Mrapen disulut ke obor Asian Games 2018 oleh Menteri Kordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Kemudian, obor akan diarak secara bergantian melalui 17 checkpoint kira-kira sejauh 5 kilometer. Pada checkpoint terakhir di Taman Sangkareang, Mataram, obor diserahkan kepada Kapolda NTB, Brigjen Pol Ahmad Juri untuk dibawa ke depan Kantor Gubernur NTB.

Diiringi dentuman Gendang Beleq yang merupakan musik khas Sasak, obor diserahkan ke Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi  atau akrab dikenal dengan Tuan Guru Bajang.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Setelah itu obor disulut ke mini couldron dengan kembali disaksikan oleh Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan sebagai simbol semangat Asian Games 2018 berkobar juga di Provinsi NTB.

Di sepanjang perjalanan, iringan obor dikawal oleh regu polisi berkuda dan konvoi motor polisi wanita sehingga menambah kemeriahan dari Kirab Obor Asian Games 2018. Nampak warga Mataram rela berbaris cukup lama untuk menunggu iringan obor lewat.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Ali Ikhsan, warga Dasan Agung, Mataram mengatakan bahwa kirab obor ini memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat NTB karena ini merupakan peristiwa yang sangat langka. 

"Demam Asian Games 2018 sudah terasa di pulau ini, masyarakat NTB sangat antusias menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018. Apalagi atlet kebanggan NTB, Lalu Muhammad Zohri akan bertanding juga di Asian Games, " ujar Ali Ikhsan dengan semangat.

Ketua Panita Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir mengatakan, Kirab Obor Asian Games 2018 juga bertujuan mempromosikan pariwisata Indonesia dan NTB merupakan salah satu unggulan. Setelah dari NTB, Kirab Obor akan melanjutkan perjalanannya ke Raja Ampat, Papua Barat. 

Hingga saat ini, Obor Asian Games 2018 telah singgah di beberapa titik, antara lain Prambanan, Yogyakarta, Solo, Blitar, Malang, Bromo, Kawah Ijen, Denpasar dan Garuda Wisnu Kencana. 
Rencananya, obor Asian Games 2018 akan menghampiri 18 provinsi, 54 kota dan 64 titik dalam waktu 35 hari. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya