3 Kapal Pinisi Antar Api Asian Games 2018 ke Tanjung Bira

Kapal Pinisi Antar Api Asian Games
Sumber :
  • VIVA/Yudhi

VIVA - Perjalanan api Asian Games 2018 telah tiba di Tanjung Bira, Makassar, pada Sabtu, 28 Juli 2018. Konsepnya pun sangat unik dalam rangkaian kirab obor ini.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Api awalnya diarak dari Masjid Dato Tiro dan diantar ke Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kemudian api obor menuju ke Tanjung Bira dikawal oleh tiga kapal pinisi.

Selain itu ada 45 perahu sampan yang mendampingi. Angka tersebut juga memiliki arti sebagai 45 negara yang ikut serta dalam gelaran Asian Games 2018.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappaweli, mengaku jika mampirnya api ke Bulukumba sebagai momentum tepat untuk mempromosikan wisata. Tanjung Bira menjadi bidikannya.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Bulukumba karena terpilih sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang disinggahi api obor Asian Games. Saya bangga api obor menggunakan kapal pinisi karena ini adalah warisan dunia," kata Andi ketika ditemui di PPI Bulukumba.

Tak Ada Peran LADI di Asian Games 2018

"Harapan kami semoga ini bisa memicu olahraga di Bulukumba. Selain itu, ini adalah momentum bagi Kabupaten Bulukumba untuk meningkatkan pariwisata," tutur dia.

Selanjutnya api akan menuju ke Pantau Losari pada Minggu, 29 Juli 2018. (one)

Tim taekwondo putra Indonesia

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Mantan Ketua Harian Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Zulkifli Tanjung melempar kritik untuk pelaksanaan Musyawarah Nasional PBTI. Dia berbicara karena gerah.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023