Kapal Bersejarah Indonesia Antar Obor Asian Games ke Makassar

KRI Dewaruci antar Api Obor Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/Yudhi

VIVA - Kirab obor Asian Games 2018 telah tiba di Makassar pada Minggu, 29 Juli 2018. Api ini diantar oleh kapal bersejarah Indonesia, yaitu KRI Dewaruci.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

KRI Dewaruci sendiri adalah salah satu kapal Indonesia yang dikenal oleh dunia internasional. Kapal yang memiliki panjang 58,3 meter dan lebar 9,5 meter ini merupakan kapal tua berusia 65 tahun yang digunakan untuk pelatihan taruna/kadet Akademi Angkatan Laut.

Selain itu yang paling menjadi perhatian adalah pernah mengelilingi dunia sebanyak dua kali. Yang pertama dilakukan pada 1964 dan yang kedua pada 2012.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Atas alasan tersebut masyarakat Makassar ikut ambil bagian memeriahkan acara kirab obor. Ratusan orang berkumpul di Pantai Losari menyambut api bersejarah ini.

Komando KRI Dewaruci, Letkol Laut Waluyo mengaku siap mendukung kesuksesan Asian Games 2018. "Kedatangan KRI Dewaruci di Makassar untuk melaksanakan tugas kirab obor Asian Games 2018 di perairan Kota Makassar," Waluyo ketika ditemui di Pantai Losari.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Kami siap 90 persen walau usia kapal terbilang cukup tua, 65 tahun namun kami harus mengemban tugas melaksanakan kirab obor di perairan Makassar," tutur dia.

Sebelumnya api Asian Games 2018 menginap di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba dan dibawa dengan KRI Dewaruci ke Lantamal 6 lalu menuju ke Pantai Losari. Obor langsung dibawa menuju rumah penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024