Bus Air Seharga Rp2,2 Miliar Berlayar Selama Asian Games

Bus Air untuk Asian Games 2018
Sumber :
  • Sadam Maulana (Palembang)/ VIVA

VIVA – Untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan, Kementerian Perhubungan memberikan bantuan sebanyak lima unit Bus Air. Bus yang akan beroperasi di Sungai Musi ini diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (1 unit), Pemerintah Kota Palembang (3 unit) dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin (1 unit).

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pemberian bus air atau kapal ini merupakan upaya dari Presiden Joko Widodo yang ingin mengkoneksikan antar daerah.

Namun pada momentum Asian Games ini, bus air akan dimanfaatkan untuk kepentingan menyangkut Asian Games di Palembang. Termasuk memperkenalkan wisata sungai yang ada di Bumi Sriwijaya.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Kapal-kapal ini akan melengkapi keindahan Sungai Musi. Asian Games juga momentum yang bagus untuk memperkenalkan wisata sungai musi kepada wisatawan mancanegara," ujar Budi Karya, saat penyerahan bantuan Bus Air di Benteng Kuto Besak Palembang, Rabu 1 Agustus 2018.

 Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Bus Air yang baru saja diserahkan Kementerian Perhubungan merupakan produk buatan dalam negeri seharga Rp2,2 miliar. Bus air dibuat di kota Batam, Kepulauan Riau, dan akan dioperasionalkan selama Asian Games.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menjelaskan, Bus air ini tergolong mahal, karena memang spesifikasinya tinggi dan dilengkapi dengan fasilitas dan mengutamakan keselamatan penumpang.

Bus air dengan ukuran panjang 12 meter dan lebar 3 meter itu mampu menampung 20 orang.

"Saat ini bus air fokus untuk Asian Games, setelah itu akan jadi kapal wisata dan kapal pengangkut penumpang dari Banyuasin. Tarifnya belum ditentukan, tapi bisa saja dari Banyuasin itu Rp100.000," ujar Budi.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin merasa pemberian Kementerian Perhubungan ini merupakan rezeki dari pelaksanaan Asian Games 2018. "Ini kita dapat rezeki lagi. Kalau kurang kata pak Dirjen ya diusulkan lagi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya