Ribuan Warga Kota Padang Antusias Sambut Api Obor Asian Games

Api obor Asian Games 2018 tiba di kota Padang
Sumber :

VIVA – Dinanti sejak pagi hari, akhirnya api obor Asian Games 2018 tiba di Ranah Minang. Api obor yang dibawa rombongan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, sekitar pukul 12.10 WIB, Kamis 2 Agustus 2018, menggunakan pesawat Hercules.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebelum memasuki ruangan VVIP BIM dan melanjutkan perjalanan ke Kota wisata Bukittinggi, seluruh tim delegasi diantaranya aktris Nadine Chandrawinata, disambut meriah dengan Tari Galombang.

Tari galombang merupakan salah satu tari tradisional khas yang dimiliki Minangkabau. Tarian Galombang adalah tarian yang biasa ditampilkan dalam upacara penyambutan tamu kehormatan. Selain itu, delegasi juga disuguhkan dengan sirih dan pinang yang sudah disediakan dalam carano (tempat menaruh sirih).

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Api obor Asian Games 2018 diterima langsung oleh Komandan Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb TNI Purwanto Adi Nugroho, dari Ketua Tim Api Obor Asian Games 2018, Marsekal Madya TNI Eko Doni Indarto. Setelah itu, api obor diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir. 

Nasrul nantinya akan membawa lari api obor bersama Wali Kota Padang, Kapolda Sumatera Barat, dan Menristekdikti. Arak-arakan api obor kali ini terbilang unik. Sebab, kirab akan masuk ke dalam Lobang Jepang yang menjadi ikon wisata Bukittinggi.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

“Api obor akan dibawa oleh saya, Wali Kota, Kapolda, dan Menristekdikti. Selama perjalanan menuju Bukittinggi melalui Padang Pariaman dan Padang Panjang, api obor akan dikawal oleh sedikitnya 300 personel kepolisian dari Polres Padang Pariaman,” kata Nasrul.

"Api akan diarak ke Lobang Jepang dan Panorama, termasuk ke rumah bung hatta. Malam nanti, akan ada juga kegiatan makan bajamba atau bersama di Istana Bung Hatta," ucapnya.

Berdasarkan pantauan VIVA, ribuan siswa sekolah dan masyarakat kota Bukittinggi sudah memadati Lapangan Kantin dan sejumlah ruas jalan yang akan dilewati api obor Asian Games ini. Warga Bukittinggi cukup antusias untuk menyaksikan secara langsung momen kedatangan dan arak-arakan api Asian Games 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya