Alasan Utama Bukittinggi Jadi Destinasi Kirab Obor Asian Games 2018

Kirab Obor Asian Games tiba di Bukittinggi, Sumatera Barat
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Kirab Obor Asian Games 2018 akhirnya tiba di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menegaskan selain merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kirab api obor Asian Games 2018, Kota Bukittinggi juga merupakan kota yang sangat banyak menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Bukittinggi ini satu-satunya yang siap. Selain itu, Bukittinggi juga menyimpan catatan sejarah yang sangat banyak tentang perjuangan Indonesia," kata Nasrul Abit, Kamis 2 Agustus 2018.

Seluruh titik yang dilalui kirab api obor Asian Games 2018 ini, lanjut Nasrul, memiliki catatan sejarah penting. Seperti, tugu Polisi Wanita Lubang Jepang yang merupakan lubang pertahanan pasukan Jepang pada masa Perang Dunia II, gelanggang pacuan kuda yang merupakan gelanggang tertua di Indonesia serta museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Tidak hanya itu saja, Bukittinggi dulu juga pernah menjadi ibukota Negara Indonesia," tambahnya.

Nasrul menambahkan, kirab api obor Asian Games 2018 dikota Bukittinggi ini, tentu saja dijadikan momentum untuk mempromosikan wisata di Sumatera Barat, khususnya wisata sejarah.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Otomatis, kirab obor Asian Games sebagai promosi wisata untuk daerah kita. Apalagi diarak hingga ke Bukittinggi yang juga pusat pariwisata di Sumatera barat. Lubang Jepang merupakan salah satu objek wisata sejarah. Sehingga, dengan melewati terowongan Lubang Jepang ini sekaligus ajang untuk mempromosikan wisata Lubang Jepang dan destinasi wisata lainnya," tutur Nasrul.

Diketahui, kirab api obor Asian Games di kota Bukittinggi ini, akan melewati 21 titik antara lain Lapangan Kantin-Tugu Polwan-Simpang DPRD-Panorama- pintu masuk Lubang Jepang-pintu keluar Lubang Jepang-Simpang Bantolaweh-Tugu Imam Bonjol. Simpang Jirek-Kantor Pengadilan Negeri-Gelanggang Pacuan Kuda Bukit Ambacang-Simpang Bypass-Tugu Tri Tura-GOR Bermawi-Simpang Surau Gadang-Simpang Manggis-Polsek Bukittinggi-Rumah Kelahiran Bung Hatta-Patung Pahlawan Tak Dikenal dan Museum Bung Hatta. 

Untuk diketahui, api Obor Asian Games 2018 itu sedang diinapkan di Istana Bung Hatta yang berada tepat di depan jam gadang sebelum dibawa ke lokasi lainnya. Sementara untuk delegasi akan dijamu makan bajamba di Istana Bung Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya