Sisa Dana Pelatnas 15 Cabor Segera Dicairkan, Ini Syaratnya

Deputi IV Kemenpora, Mulyana
Sumber :

VIVA – Sebanyak 15 cabang olahraga (cabor) akan mendapat sisa jatah uang saku sebesar 30 persen untuk pelatnas jelang Asian Games 2018. Ini merupakan hak tiap cabang olahraga yang diberikan oleh pemerintah, namun 15 yang segera cair adalah mereka yang telah mengajukan persyaratan administratif.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Cabor harus melampirkan hasil uji coba sebagai bagian dari laporan pencairan 30 persen. Ada bahan evaluasi yang dipertanggungjawabkan," ujar Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana di PTIK, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Agustus 2018.

Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp735 miliar untuk peningkatan prestasi olahraga jelang Asian Games 2018. Merujuk perintah dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, sebagai Dewan Pembina Asian Games, sedikitnya 70 persen atau sekira Rp514,5 miliar diberikan bagi cabor Asian Games dan National Paralympic Committee (NPC) Asian Para Games.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dan akan menerima dana itu. 70 persen dana itu telah disalurkan pada bulan ketiga. Sisa 30 persen memang baru akan diberikan di periode kedua. Hingga saat ini, Mulyana mengatakan baru cabang panjat tebing yang baru dipastikan cair.

"Kabbadi, Sambo, Kurash belum mengusulkan. Balap sepeda sebagian belum. Kalau ingin semua selesai, maka lusa harus mengusulkan pencairan 30 persen. Sampaikan segera agar sama-sama cair," kata Mulyana.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Tak semua cabang olahraga mendapat jatah uang yang sama. Kemenpora mengelompokkan berdasarkan peluang prestasi yang bisa didapat, sehingga beberapa cabor terkena pemangkasan dana.

Sementara itu, Ketua Kontingen Indonesia di Asian Games 2018, Komisaris Jenderal Syafruddin berharap, urusan dana ini dapat segera diselesaikan. Sebab, dana ini menjadi bagian penting dari persiapan para atlet sebelum bertanding.

"Uang akan sangat berpengaruh untuk atlet dan pelatih. Harus selesaikan secepatnya," kata Syafruddin.

Asian Games 2018 tinggal menyisakan 15 hari lagi. Hingga saat ini sejumlah atlet masih ada yang menggelar latihan dan try out di luar negeri. Meski begitu, sebagian telah pulang dan menjalani latihan di Indonesia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya