Di Palembang, Obor Asian Games Diterjunkan dari Ketinggian 7 Ribu Kaki

Api obor Asian Games di Palembang.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (4-8-18)

VIVA –  Melalui atraksi akrobatik Kopaskhas TNI Angkatan Udara yang melakukan penerjunan dari ketinggian 7.000 kaki menuju Stadion Gelora Sriwijaya, tinder box yang membawa api abadi Asian Games 2018 tiba di salah satu kota penyelenggara, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu 4 Agustus 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tinder box dibawa terjun Danden Matra 2 Paskhas Letkol Pasukan Helmi Ardianto Nange. Lalu, Marsekal Pertama Eko Dono yang merupakan Pimpinan Penerbangan Api Obor AGTR dari New Delhi India memberikan api abadi kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sajian kirab obor yang ada di kota Palembang ini memang cukup berbeda dibandingkan dengan daerah lain. Proses penerjunan melalui jalur udara ini untuk menunjukkan bahwa Indonesia masih perkasa melalui udara.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Kita mengambil api di India menggunakan pesawat TNI dan dikawal pesawat tempur agar kita ingat kedirgantaraan kita. Ini juga merupakan motivasi untuk Asian Games," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Api dihidupkan di Mini Couldron di depan Stadion Gelora Sriwijaya. Selanjutnya Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang mendapat kehormatan menjadi orang pertama yang membawa obor Asian Games 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Alex membawa obor tersebut berlari menuju Plaza Jakabaring Sport City. Lalu diberikan kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk dibawa keluar Kompleks Jakabaring Sport City. Secara estafet, obor disambung dengan para atlet serta pihak terkait lainnya.

"Sumatera Selatan merupakan provinsi yang mengusung Sport Tourism dan telah mempersiapkan perhelatan akbar ini sejak jauh-jauh hari. kita mempersiapkan Asian Games ini sejak 2011. Dreams come true untuk hari ini. Hari ini pegang obor pertama Torch Relay untuk Asian Games. Terima Kasih kepada Indonesia," ujar Alex.

Kemeriahan menyambut api abadi Asian Games terus berlanjut berkeliling Ibukota Sumatera Selatan. Kirab obor juga mendapat antusias masyarakat ketika tiba di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang.

Selain Festival Guyub dan penyambutan obor, di tempat ini juga dilaksanakan penandatanganan perangko khusus edisi Asian Games 2018. Perangko yang dicetak PT Pos Indonesia ini ditandatangani Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Pada perangko edisi khusus ini dicetak gambar-gambar cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya