Batal Mundur, Filipina Kirim Timnas Basket ke Asian Games

Perkelahian antara timnas basket Filipina dan Australia.
Sumber :

VIVA – Salah satu raksasa basket Asia, Filipina, akhirnya tampil di Asian Games 2018. Mereka memutuskan untuk menganulir keputusan sebelumnya, mundur dari Asian Games karena kekurangan pemain.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ya, sebelumnya, Filipina memutuskan untuk tak mengirim tim basket mereka menyusul sanksi yang dijatuhkan FIBA. Pada kualifikasi Piala Dunia Basket, Juli 2018, terjadi keributan massal yang melibatkan para pemain Filipina dan Australia.

Akhirnya, Komisi Disiplin FIBA menjatuhkan sanksi tegas kepada 13 pemain Australia dan Filipina, serta dua orang staf pelatih.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Keputusan mundur dari Asian Games 2018, ternyata digugat oleh fans basket Filipina. Mereka meminta agar Filipina tetap mengirimkan tim basket.

Suara mereka didengar. Chairman Federasi Basket Filipina (PBA), Ricky Vargas, memastikan pihaknya akan mengirimkan tim ke Asian Games.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Keputusan ini sudah final. Kami mendengarkan apa yang diminta oleh fans. Jadi, kami mempertimbangkan ulang keputusan sebelumnya dan menyadarinya. Kami juga sadar protes ini datang dari mana," kata Vargas, dilansir situs resmi PBA.

Mayoritas pemain andalan Filipina dipastikan tak bakal berlaga karena sanksi dari FIBA. Tapi, PBA tak takut menghadapi persaingan keras di Asian Games nanti.

"Bersama klub, kami akan cari opsi dan diskusi demi menemukan pemain untuk tim kami," ujar Vargas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya