Asian Games 2018, Kunci Utama Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
Sumber :
  • BUMN.go.id

VIVA – Progres persiapan perhelatan Asian Games 2018 yang berjalan positif, kini menghadirkan impian lebih besar bagi Indonesia yakni mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Rencana pengajuan sebagai calon tuan rumah Olimpiade awalnya mencuat kala Erick Thohir selaku Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) membeberkan besarnya peluang Indonesia untuk bisa turut ambil bagian dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

Ada sejumlah indikator yang bisa menjadi dasarnya, salah satunya jika Indonesia dapat meyakinkan sukses menyelenggarakan Asian Games 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Ditemui saat menandatangani kerjasama sponsor untuk Asian Games di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Erick Thohir percaya wacana bidding Olimpiade 2032 akan terus mengemuka seiring munculnya dukungan moril dari sejumlah pihak.

"Saya rasa momentum itu akan bisa terjawab saat kedatangan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach dalam upacara penutupan Asian Games 2018. Beliau nantinya akan bertemu juga dengan Presiden Joko Widodo pada sehari sebelum Closing Ceremony untuk membicarakan hal tersebut," ungkap Erick Thohir.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

"Yang pasti kemarin, dari Ketua MPR pak Zulkifli Hasan mendukung dan Ketua DPR Bambang Soesatyo juga mendukung kalau memang kita bisa bidding Olimpiade, tapi kan pengumumannya masih lama yaitu tahun 2024 ketika Olimpiade di Prancis," jelas Erick.

Indikator peluang Indonesia bisa ikut serta dalam bidding Olimpiade yakni pada 2032 mendatang hampir pasti tuan rumah Olimpiade itu berasal dari negara Asia atau Afrika, mengingat jatah untuk Benua Eropa dan Amerika sudah dipastikan untuk Olimpiade 2024 (Paris, Prancis) dan 2028 (Los Angeles, Amerika Serikat).

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024