Di Bandung, Api Obor Asian Games Diarak Menuju Gedung Sate

Komjen Pol Muhamad Iriawan.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman.

VIVA – Setelah melalui Kabupaten Purwakarta, api obor Asian Games bakal diarak keliling Kota Bandung. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Komjen Pol Muhamad Iriawan memastikan ada penyambutan spesial kedatangan obor Asian Games, sejak Sabtu 11 Agustus sampai Minggu 12 Agustus 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule, bakal menyambut kedatangan obor, didampingi Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial, Kapolda Jawa Barat dan beberapa atlet lagenda Jawa Barat. Obor tersebut akan diletakkan di Gedung Sate saat berada di Kota Kembang.

“Kita sudah siapkan, lihat besok saja. Obor di sini gak ke mana-mana lagi,” ujar Iwan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 10 Agustus 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Iwan menjelaskan, secara langsung akan ikut mengarak pawai obor dengan target jarak tempuh kurang lebih 500 meter menuju Gedung Sate. 

“Kalau tidak ada aral merintang, kita akan lakukan di sini dan saya akan membawa obor itu dari (jarak) 500 meter cukup. Yang jelas saya akan mengawal obor itu memasuki wilayah kita dan keluar dari wilayah kita,” ujarnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Iwan memastikan kedatangan obor Asian Games di Gedung Sate terbuka untuk masyarakat. Jika ingin melihat langsung sebagai wisata di akhir pekan, tentunya dipersilakan.

“Di sini dua hari, bebas, pas obor datang ke sini milik rakyat Jawa Barat. Begitu ke Gedung Sate Kota Bandung punya rakyat Jawa Barat,” terangnya.

Obor Asian Games direncanakan tiba dari Kabupaten Purwakarta dikawal 20 kendaraan dan masuk ke Kota Bandung di pintu tol Pasteur pukul 08.30 WI, Sabtu 11 Agustus 2018. Saat kedatangan, obor disambut dengan tarian Merak.

“Kita ingin tampilkan kekhasan daerah. Tari Merak adalah tari penyambitan yang sangat cocok untuk momentum tersebut,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Aswin Sulaeman di Bandung, Kamis 2 Agustus 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah menambahkan, antusias komunitas untuk ikut serta dalam arak-arakan obor terhitung tinggi. 

“Animo masyarakat tinggi sekali, banyak yang ingin menjadi bagian dari konvoi. Ada Bandros, komunitas sepeda, komunitas motor. Kami sedang memikirkan pengaturannya karena nanti akan sangat panjang,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya