7 Fakta yang Jarang Diketahui soal Asian Games

Logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
Sumber :
  • BUMN.go.id

VIVA – Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang akan resmi dibuka, Sabtu 18 Agustus 2018. Asian Games akan berlangsung 18 Agustus-2 September 2018.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Asian Games memiliki sejarah yang panjang. Asian Games 2018 merupakan edisi yang ke-18. Event ini diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA).

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah fakta menarik yang Anda harus ketahui soal Asian Games:

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

1. Asian Games memiliki level di atas SEA Games. Sebab, Asian Games merupakan turnamen di level Asia (45 negara). Sedangkan SEA Games hanya turnamen tingkat Asia Tenggara (11 negara).

2. Asian Games merupakan turnamen multievent yang diselenggarakan empat tahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh seluruh negara-negara Asia.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

3. Sebelum Asian Games 2018, Asian Games telah digelar sebanyak 17 kali. Dengan New Delhi, India, sebagai tuan rumah Asian Games pertama (1951).

4. Dari 17 edisi Asian Games yang pernah digelar, cuma dua negara yang bisa meraih status juara umum, yaitu Jepang (8 kali: 1951-1978) dan China (9 kali: 1982-2014).

5. Sepanjang sejarah Asian Games, cuma sembilan negara yang pernah menjadi tuan rumah. Thailand paling sering menjadi tuan rumah (4 kali). Total, ada 46 negara pernah terlibat di event ini.

6. Ada 43 negara yang setidaknya pernah meraih satu medali di ajang Asian Games. Sementara tiga itu, negara Asia yang belum pernah meraih medali Asian Games yakni Bhutan, Maladewa dan Timor Leste.

7. Israel dicoret dari Asian Games sejak 1976 karena alasan keamanan. Israel pun kini menjadi anggota EOC dan berlaga di Europan Games, tidak di Asian Games lagi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya