Pelari Indonesia Catat Sejarah dalam Triathlon Ekstrem di Norwegia

Pelari asal Indonesia, Fedi Fianto (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA – Sejarah berhasil diciptakan pelari asal Indonesia, Fedi Fianto, di kancah internasional. Atlet non profesional tersebut sanggup menjadi orang Indonesia pertama yang finis di Norsemen Xtreme Triathlon di Eidfjord, Norwegia.

Norsemen Xtreme Triathlon termasuk dalam kategori ekstrem Iron Man yang terdiri dari olahraga renang, sepeda, dan lari. Setiap peserta harus menempuh jarak 226 km dengan berenang sejauh 3,8 km, bersepeda sejauh 180 km, dan lari maraton sejauh 42,2 km.

Fedi berhasil menyelesaikan perlombaan dengan catatan waktu 19 jam, terpaut 9 jam dari atlet profesional yang menjadi juara. Namun, menjelang keikutsertaan Fedi di Norwegia tidak berjalan mulus. Pria asal Bandung itu mengalami berbagai kendala.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

"Saat saya akan memulai race, kondisinya tidak begitu ideal. Saya pake sepeda sewaan karena saya tidak bawa sepeda sendiri. Sepeda sewaan tersebut kurang sesuai dengan saya," kata Fedi, dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

"Pinggang saya sakit pas sepeda sewaan, yang membuat saya harus sering berhenti untuk menyetel kondisi sepedanya. Untuk menyetel sepeda itu makan waktu yang berjam-jam," sambungnya.

Ancaman Corona COVID-19, Bali Triathlon Diundur

Fedi pun menambahkan bahwa untuk mengikuti perlombaan Norseman Xtreme Triathlon sangat memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ia pun terpaksa mengeluarkan dana pribadi dan meminjam barang-barang yang dibutuhkan dari rekan-rekannya di komunitas Triathlon Buddies (Tribuds).

"Memang untuk mengikuti Norseman Xtreme Triathlon butuh biaya yang tidak sedikit. Tapi, saya mempunyai banyak bantuan dari teman-teman di komunitas Triathlon Buddies dan kami secara bersama mengajukan berbagai proposal ke sponsor," tuturnya. (ase)  

VR Run Series Mandalika 2020.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

VR Run suguhkan race village virtual pertama di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2020