Insiden Bendera Jatuh Terjadi di Cabang Renang Asian Games

Insiden bendera jatuh di cabang renang Asian Games
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA –  Insiden memalukan terjadi pada prosesi penaikan bendera para peraih medali cabang renang nomor 200 meter gaya bebas putra Asian Games, Minggu malam, 20 Agustus 2018. Kejadian tersebut, cukup membuat kaget para penonton dan undangan yang berada di GBK Aquatic Stadium, Jakarta.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Tak cuma itu, ketiga atlet peraih medali yang berada di podium pun merasa heran dengan insiden tersebut, dengan menunjukkan ekspresi kecewa. Ketiga atlet tersebut adalah Sun Yang (peraih emas, China), Matsumoto Katshuhiro (perak, Jepang), dan Ji Xinjie (perunggu, China).

Awalnya, prosesi penaikan bendera negara atlet peraih medali berlangsung lancar, diiringi lagu kebangsaan China. Petaka pun terjadi beberapa saat, jelang lagu kebangsaan China tersebut hendak usai.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Tali dari alat pengerek bendera tersebut putus, yang menyebabkan ketiga bendera tersebut jatuh dan membuat suasana gaduh dari riuhnya respon penonton.

Sontak, kejadian itu membuat para petugas pelaksana mencoba memperbaiki susunan bendera dan prosesi dikumandangkannya lagu tersebut akhirnya harus kembali diulang.

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Pada prosesi yang kedua kalinya ini, bendera tak dikerek, tetapi dibiarkan tetap berada di bawah. Seusai kejadian tersebut, belum ada perwakilan penyelenggara yang mau berkomentar terkait hal tersebut.

Insiden ini bisa jadi pelajaran berharga bagi panitia pelaksana untuk memastikan semua perangkat yang digunakan dalam kondisi baik.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024