Bikin Kejutan di Asian Games, Atlet Berkuda Indonesia Bidik Olimpiade

Atlet berkuda Indonesia, Dara Ninggar Pramewsari
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Mohammad Ayudha

VIVA – Atlet berkuda Indonesia, Dara Ninggar Prameswari, tampil mengejutkan di Asian Games 2018. Meski tak menyumbangkan medali, Dara yang turun pada nomor tunggang serasi (dressage) individual kelas menengah, berhasil menorehkan penampilan yang menawan. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Bertanding di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), atlet berusia 19 tahun ini mampu menempati peringkat ke-10 dengan total skor 67,925. Catatan ini bahkan melewati pencapaian seniornya, Larasati Gading, yang hanya mampu berada di urutan ke-11 dengan skor 66,715.

Awalnya, Dara tidak begitu yakin bakal masuk ke babak final. Namun, dengan kepercayaan diri dan bertanding tanpa beban membuat Dara sukses meraih hasil yang mengesankan pada debutnya di Asian Games.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Atas pencapaian ini, Dara langsung berniat untuk melanjutkan tren positif penampilannya tersebut. Ia berharap bisa menembus Olimpiade ke depannya.

"Karena tidak terlau berharap masuk ke final. Jadi, saya hanya melakukan yang terbaik supaya enggak malu-maluin Indonesia," kata Dara, saat ditemui wartawan di JIEP, Pulomas, Kamis, 23 Agustus 2018.

Atlet Muda Berkuda Asal Sumut Boyong 3 Gelar di Jumping Master 2024

"Target ke depan saya inginnya masuk Olimpiade, tetapi saya harus melewati dulu ajang seperti SEA Games (2019) dan Asian Games (2022)," ujarnya.

Untuk mengasah kemampuannya dalam berkuda, Dara berkeinginan melanjutkan sekolah ke luar negeri. Dara pun memilih Belanda sebagai pelabuhan untuk menambah daya jelajahnya dalam menunggangi kuda.

"Next saya mau ke Eropa untuk sekolah di Belanda. Toh, di Belanda banyak yang top. Jadi, biar bisa lebih banyak cari inspirasi dari orang-orang karena berkuda tidak ada teori yang saklek," ucap Dara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya