Klasemen Medali Asian Games 2018, Indonesia Bertahan di Lima Besar

Atlet Jetski Indonesia, Aqsa Sutan Aswar, meraih medali emas Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Bram Selo Agung

VIVA – Kontingen Indonesia masih bertahan di posisi lima besar Asian Games 2018 di klasemen peroleha medali. Di hari ke-8 Asiam Games, Minggu 26 Agustus 2018, Kontingen Merah Putih bahkan mampu menambah
dua medali emas, satu medali perak, dan delapan medali perunggu.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Di hari ke-8 Asian Games 2018, dua medali emas datang dari cabang olahraga Karate dan Jet Ski. Adalah karateka Indonesia, Rifki Ardiansyah Arrosyid, yang  mampu menyabet emas dari nomor kumite putra kelas 60kg. Di laga final, atlet berusia 20 tahun ini mampu mengalagkan karateka Iran, Amir Mahdi Zadeh.

Sementara itu, medali emas lainnya disumbang oleh atlet jetski, Aqsa Sutan Aswar. Atlet berusia 21 tahun ini mampu meraih medali emas di nomor endurance runabout open, mengungguli wakil Uni Emirat Arab, Ali Allanjawi, dan atlet jetski Thailand, Suphathat Footrakul.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Satu medali perak kemudian datang dari cabang olahraga atletik nomor lari halang rintang 100 meter putri. Atlet putri andalan Indonesia, Emilia Nova, mampu menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 13,23 detik.

Kemudian, ada tambahan tujuh medali perunggu yang masing-masing disumbang dari cabang olahraga pencak silat, karate, bulutangkis, atletik, dan bridge. 

Nagham Abu Samra, Juara Karate Asal Palestina Meninggal Usai Serangan Biadab Israel

Dari pencak silat, medali perunggu diraih oleh Amri Rusdana di kategori putra 70-75kg. Kemudian dari karate, karateka putri, Cokorda istri Agung Sanistyarani, dan karateka putra, Jintar Simanjuntak, juga meraih medali perunggu.

Dari cabang bulutangkis, pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, serta ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, juga berhasil menggondol medali perunggu. 

Dua medali perunggu lainnya disumbang Tim Bridge Indonesia dari nomor supermixed team dan mixed team.

Hingga hari ke-8 Asian Games 2018, Kontingen Indonesia menempati posisi kelima klasemen perolehan medali dengan raihan 12 emas, 13 perak, dan 25 perunggu. 

Di posisi puncak klasemen, China masih berdiri kokoh dengan catatan 78 emas, 59 perak, dan 37 perunggu. Kemudian ada Jepang di urutan kedua dengan raihan 40 emas, 34 perak, dan 48 perunggu. Di posisi ketiga berdiri Kontingen Korea Selatan dengan catatan 27 emas, 30 perak, dan 37 perunggu.

Sementara tepat di atas Indonesia ada Kontingen Irak dengan catatan 14 emas, 14 perak, dan 12 perunggu. Menguntit Indonesia dari posisi keenam, ada Kontingen Korea Utara yang sudah mengoleksi 11 emas, 5 perak, dan  7 perunggu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya