Gagal Sumbang Medali, Triathlon Tetap Capai Target

Tim triathlon Indonesia di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Zabur Karuru

VIVA – Satu-satunya pertandingan cabang olahraga yang tersisa di hari terakhir Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, triathlon, gagal menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia. Di nomor mixed relay, mereka hanya finis di posisi ke-9.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Meski gagal meraih medali, namun pencapaian yang ditorehkan tim mixed relay yang terdiri dari Aulia Azzahra, Jauhari Johan, Eva Desiana dan Andi Gumilang, sudah cukup untuk mencapai target yang ditetapkan federasi Triathlon Indonesia.

Menurut Jauhari , turun di nomor mixed relay mereka hanya ditargetkan masuk sepuluh besar. Mengingat ketatnya persaingan di kancah Asia dan minimnya persiapan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Walaupun kita finis di posisi ke-9, capaian ini sudah cukup baik. Target kita juga masuk sepuluh besar dan alhamdulillah bisa tercapai," kata pria yang karib disapa Jo, Minggu, 2 September 2018.

Dalam perlombaan triathlon, tim mixed relay Indonesia menuntaskan pertandingan dengan waktu tempuh 1 jam 44 menit. Sementara Jepang berhasil merebut medali emas dengan catatan waktu terbaik, 1 jam 30 menit 39 detik.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Target itu memang sangat realistis mengingat kondisi tim yang baru dibentuk kurang dari tiga bulan. Dengan waktu sesingkat itu, tim mixed relay juga belum pernah melakukan try out untuk menguji hasil latihan selama Pemusatan Latihan Nasional.

"Tim mixed relay kami tidak pernah try out ke luar negeri, jadi kami tidak punya patokan prestasi ranking. Sedangkan negara lain itu sudah 2-3 tahun persiapan, karena timnya sudah bertahun-tahun terbentuk," ujarnya.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024