Sukses Sabet Emas Asian Games, Hanifan Bidik Kejuaraan Dunia

Atlet Silat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah.
Sumber :
  • Instagram/Hanifan Yudani Kusumah

VIVA – Setelah meraih medali emas Asian Games cabang olahraga pencak silat, Hanifan Yudani Kusumah langsung alihkan fokus ke kejuaraan dunia. Rencananya, ajang dua tahunan itu akan berlangsung di Singapura pada 11 sampai 17 Desember 2018 mendatang. Sebanyak 40 negara akan ikut berpartisipasi.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

"Alhamdulillah bisa meraih medali emas, setelah Asian Games ini ke depan targetnya World Champions," ujar pesilat berusia 20 tahun ini.

Hanif berhasil meraih medali emas usai menaklukkan pesilat asal Vietnam, Thai Linh Nguyen, dengan skor tipis 3-2. Atas pencapaiannya itu, dia diganjar bonus sebesar Rp1,5 miliar.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

Perjuangan Hanif hingga menyabet emas tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus diikuti hingga masuk Timnas pencak silat Indonesia.

"Setelah SEA Games saya ikut seleksi untuk Asian Games, ada beberapa tahap. Prosesnya berat sekali, yang juara juga ikut seleksi lagi, jadi tidak instan," tuturnya.

Pelaku Penganiayaan Tewaskan Santri di Lampung Selatan Ditetapkan Tersangka

Namun, di balik kesuksesannya, kata Hanif, ada sosok yang membuatnya selalu termotivasi untuk tampil maksimal. Dia adalah kedua orangtuanya yang mengenalkan silat sejak kecil.

"Mereka juga kan mantan pesilat, jadi silat itu sudah mendarah daging. Dari SD sudah mulai dibawa nonton, dan mulai serius sih 2011 waktu SMP, " tuturnya. (one)

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024