Indonesia Tidak Pasang Target Tinggi di Asian Para Games 2018

Atlet Balap Kursi Roda di Asian Para Games 2018, Maria Goreti Samiyati
Sumber :

VIVA – Ketua National Paralympic Committee (NPC), Senny Marbun, mengaku tak memasang target tinggi pada gelaran Asian Para Games mendatang. Meski memiliki banyak atlet andal dengan kualitas level internasional, NPC menyebut raihan 17 medali emas sebagai target realistis skuat Merah-Putih dalam ajang yang akan berlangsung 6-13 Oktober di Jakarta tersebut.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Senny menilai posisi Indonesia sebagai tuan rumah tidak akan memberi banyak keuntungan dalam Asian Para Games. Sebab, atlet dari negara lain seperti Tiongkok, Korea Selatan dan negara-negara pecahan Rusia punya kualitas jempolan.

"Kenapa tidak pede? Saya bekas atlet, saya pernah pecah rekor pada tahun 1986. Jadi kalau masalah tidak pede, buat saya tidak ada. Tapi lebih baik kita tidak sombong. 2012 kita berangkat ke Myanmar, dikasih TC hanya empat bulan, tapi saya minta jadi enam bulan. Akhirnya kami juara umum," kata Senny, dalam acara Media Gathering di Solo, Selasa, 4 September 2018.

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

"Sekarang, kalau mau bicara sombong, sulit. Musuhnya berat-berat kalau tingkat Asian. Target kami peringkat enam atau tujuh, sekitar 16-17 medali emas. Cabor atletik, catur, bulutangkis, renang, tenis meja, powerlifting dan sepeda menjadi target kami untuk meraih medali," sambungnya.

Pada Asian Para Games 2014, Indonesia mampu mendulang sembilan emas, 11 perak dan 18 perunggu dengan amunisi 67 atlet. Hasil tersebut membuat mereka duduk di peringkat sembilan klasemen. 

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

Senny berharap tahun ini atlet-atletnya bisa meraih hasil lebih baik karena tampil di rumah sendiri. Dia mengakui prestasi moncer Indonesia di Asean Para Games 2017 sangat memberikan beban.

"Jelang bertanding saya merasa tanggung jawab saya semakin berat. Tapi, saya tak mau memikirkan prestasi. Kami hanya berdoa supaya prestasi NPC tidak begitu buruk. Kemarin di Malaysia (Asean Para Games 2017) kita juara umum, jadi agak sedikit menambah beban," ujarnya menambahkan.

Asian Games 2018 baru saja usai. Lalu momen mana saja yang bersejarah yang tercipta? Ini dia video 7 golden moment Asian Games 2018, cek di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya