Atletnya Positif Doping, Mongolia Turun Peringkat di Asian Games

Ilustrasi doping
Sumber :
  • Bild

VIVA – Atlet Mongolia, Orkhon Purevdorj terbukti menggunakan doping pada Asian Games 2018. Dia akhirnya harus merelakan medali emasnya dicabut dan berdampak pada posisi Mongolia di klasemen akhir. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Dalam situs resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA), Orkhon Purevdorj tidak lolos tes doping karena dalam sample urine ditemukan ada kandungan Stanazolol yang termasuk dalam kategori terlarang. 

"Diberitahukan jika pegulat Mongolia, Orkhon Purevdorj terbukti melanggar aturan anti-doping. Dia melakukan kompetisi yang berlangsung pada 20 Agustus 2018 dan didiskualifikasi," tulis pernyataan OCA di situs resminya. 

Respons Paul Pogba Usai Dihukum 4 Tahun karena Doping

Orkhon Purevdorj sendiri keluar sebagai jawara di nomor gaya bebas kelas 62 kg putri cabang olahraga gulat. Di babak final dia mengalahkan wakil Kirgistan, Aisuluu Tynybekova, dengan skor telak 11-0.

Dan setelah didiskualifikasi, otomatis Mongolia kehilangan satu emas. Mereka turun ke posisi ke-17 dengan 4 emas, 9 perak dan 11 perunggu. 

Terbukti Doping, Paul Pogba Dilarang Main Sepakbola 4 Tahun

Sedangkan Vietnam naik ke posisi ke-16 dengan 4 emas, 16 perak dan 18 perunggu. 

Asian Games 2018 baru saja usai. Lalu momen mana saja yang bersejarah yang tercipta? Ini dia video 7 golden moment Asian Games 2018, cek di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya