Api Obor Asian Para Games 2018 Sudah Tiba di Ternate

Penyambutan api obor Asian Para Games 2018 di Ternate
Sumber :
  • VIVA/Ifan Gusti

VIVA – Api obor Asian Para Games 2018 sudah tiba di Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu 8 September 2018. Penyambutan dilakukan dengan prosesi adat Kesultanan Ternate.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Api pesta olahraga se-Asia untuk penyandang disabilitas itu, tiba di Ternate setelah menempuh perjalanan dari Solo, 5 September 2018. Setibanya di sana, panitia Asian Para Games 2018 langsung membawanya ke kadaton Kesultanan Ternate untuk diinapkan, dan diarak esok harinya.

Memasuki kadaton, pembawa api obor yang diketuai oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, menyerahkannya kepada Jogugu Kesultanan Ternate yang diwakili Walikota Burhan Abdurahman.  

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

Menurut Isnanta, api yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, itu diserahkan ke pihak Kesultanan Ternate sebagai tanda semangat bagi disabilitas untuk menyukseskan spirit Asian Para Games 2018.   

“Ternate dan sekitarnya memberikan dukungan dan semangat yang kuat dari semangat api untuk mendukung, mendoakan serta ikut turut serta menyukseskan hajatan internasional, Para Games di Jakarta,” ujar Isnanta.

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

Sementara itu, Burhan mengaku rakyat Maluku Utara khususnya warga Ternate dan seluruh perangkat adat Kesultanan merasa bangga dipercaya untuk ikut bersama-sama menyukseskan Asian Para Games 2018.

“Obor  akan dikirab di pusat kota pada puncak hari olahraga nasional (Haornas) yang digelar di kota Ternate Minggu 9 September esok di Land Mark dengan dirangkai acara gowes ribuan sepeda mengawal lentera,” kata Burhan.

Sehari di Ternate, api obor akan dibawa menuju Makassar, Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan berakhir di Jakarta pada 30 September 2018 mendatang.

Laporan Ifan Gusti/Maluku Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya