Opening Ceremony Asian Para Games Tak Kalah Gemerlap dari Asian Games

Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dan Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA –  Belum lama euforia Asian Games 2018 berlalu, Indonesia segera menghelat pesta olahraga difabel bergengsi bertajuk Asian Para Games (APG) mulai 6 Oktober 2018. Mata masyarakat benua Asia akan kembali tertuju ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, lokasi akan dilangsungkannya upacara pembukaan APG 2018.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Dengan gengsi berlevel Asia, lantas apa hal yang menarik dari opening ceremony gelaran APG kali ini? Akankah menyaingi kemegahan dari pembukaan Asian Games?

Berbeda dengan konsep pembukaan Asian Games, kini opening ceremony APG akan mengusung pesan dan nilai keberagaman bangsa Indonesia yang menjadi satu kesatuan.

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

Hal ini pun mulai terungkap dari pemaparan Ketua Umum Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari.

“Terkait dengan konsep opening ceremony, sarat dengan pesan kemanusiaan dan aksi-aksi yang membuat kita lebih pintar. Kami juga akan menampilkan artis-artis dengan kemampuan dan penampilan luar biasa yaitu saudara kami yang menyandang disabilitas karena bagaimana pun tokoh utama dalam acara ini adalah mereka,” jelas Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

"Kami tidak dalam konteks bersaing dengan lebih meriah mana dengan Asian Games. Tapi kita berkompetisi dengan penyelenggaraa sebelumnya, yakni saat di Incheon dan Guangzhou," tegas Okto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 20 September 2018.

Sejumlah pengisi acara akan memeriahkan upacara pembukaan APG 2018 antara lain Armand Maulana, Once, Vidi Aldiano, Maudy Ayunda, Regina Poetiray, Zara, Lesty Dangdut Academy yang akan membawakan lagu resmi Asian Para Games III berjudul "Song of Victory".

Akan tampil juga Sheryl Sheinafia, Tulus, Andien, Tompi dan Naura yang turut terlibat dalam pertunjukan berdurasi dua jam ini juga akan menampilkan para penyandang disabilitas sebagai bagian penting dalam upacara pembukaan.

Upacara pembukaan Asian Para Games akan dihelat Sabtu 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 19.00-21.00 WIB dan akan jadi gaung dimulainya arena olahraga disabilitas Asia hingga berakhir pada 13 Oktober 2018 mendatang.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya