Sukseskan Asian Para Games, Kemensos Siapkan 6 Unit Mobil Khusus

Mobil Khusus untuk penyadang disabilitas
Sumber :
  • Muhammad Nurhendra

VIVA – Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan mobil khusus bagi penyandang disabilitas untuk menyukseskan Asian Para Games 2018.Ada enam unit mobil mini bus yang disiapkan khusus untuk penyandang disabilitas. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial Rahmat Kusnadi, mengatakan, kendaraan tersebut untuk membantu mobilitas para atlet penyandang disabilitas dengan kursi roda yang tidak mampu berpindah tanpa kursi roda. Rahmat menyebutkan, mobil mini bus tersebut sudah dimodifikasi secara khusus, dengan harga 1 unitnya sebesar Rp700 juta. 

"Enam unit mobil tersebut khusus untuk mengangkut atlet yang menggunaan kursi roda. Satu unit mobil bisa menampung 4 atlet pengguna kursi roda dan satu pendamping," kata Rahmat saat di Kantor Kemensos, Rabu, 26 September 2018. 

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

"Mobil tersebut dimodifikasi di Indonesia. Namun untuk peralatannya didatangkan dari luar negeri," tambah Rahmat. 

Mobil tersebut dibuat cukup aman bagi penyandang disabiltas dengan kursi roda. Sebab, kursi roda akan dikunci supaya tidak bergeser. 

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Selain itu, untuk lebih memudahkan mobil juga dilengkapi dengan hidrolik untuk mengangkat kursi roda yang mampu mengangkat hingga 300 kg. 

Selain enam mobil tersebutm nantinya ada lima unit bus yang berukuran sedang dari Jawa Barat yang khusus untuk penyandang disabilitas. Selain itu untuk transportasi penyandang disabilitas juga akan didukung oleh Trans Jakarta.    

"Mobil ini akan digunakan untuk perpindahan atlet dari Kampung Para Atlet ke venue-venue atau ke bandara," jelas Rahmat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya