Suka Duka Pelatih Atlet Difabel, Butuh Kesabaran Lebih

Ilustrasi pelatih atlet berkebutuhan khusus.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Nurhendra Saputra

VIVA – Menjadi seorang pelatih untuk mencetak atlet berprestasi tidaklah mudah. Apalagi menjadi seorang pelatih untuk atlet berkebutuhan khusus. 

Menpora Sambut Kedatangan Kontingen Indonesia yang Berlaga di Asian Para Games 2022

Seperti yang diceritakan oleh pelatih Para Renang, Handoko Purnomo. Handoko menyebutkan, dia harus lebih dahulu memahami latar belakang setiap anak asuhannya. 

"Ini kan dari berbagai macam latar belakang dan keterbatasan mereka. Misalnya latar belakang pendidikan mereka yang tinggi dengan yang berpendidikan kurang tinggi tentu penanganan berbeda. Yang pasti kita harus mendekati mereka dengan kekeluargaan," kata Handoko saat ditemui di Kolam Renang Tirta Bhirawa Yudha KOPASSUS, beberapa waktu lalu.

Saptoyogo Purnomo Pecahkan Rekor, Sabet 3 Emas Asian Para Games 2022 dalam 4 Hari

"Dengan mereka kami lebih banyak melakukan diskusi. Saya juga mengingatkan mereka untuk tidak sombong jika nanti berhasil atau meraih hasil terbaik," tambah Handoko. 

Hal senada diungkapkan oleh pelatih Para Catur, Teddy Wiharto. Menurut Teddy, membutuhkan kesabaran yang lebih. 

Klasemen Asian Para Games 2022: China Tak Terbendung, Indonesia Posisi 9

"Yang banyak sabar saja. Salah satu kuncinya adalah menaruh kepercayaan dulu. Kemudian kami juga harus membuat senyaman mungkin mereka. Kami juga menganggap mereka sebagai anak sendiri," kata Teddy saat ditemui di The Alana, Solo. 

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Ajang untuk atlet difabel ini akan berlangsung 6-13 Oktober di Jakarta. Akan ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan jumlah peserta negara mencapai 43. 
 

Kontingan Indonesia di Asian Para Games 2022 tiba di Tanah Air

Indonesia Wins 29 Gold Medals at Hangzhou Asian Para Games

 The Indonesian contingent successfully won 29 gold, 30 silver and 36 bronze medals at the Asian Para Games Hangzhou 2022. 

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023