Atlet Peraih Emas Lompat Jauh: Papa Saya cuma Tukang Sate Padang

Rica Oktaviani, atlet peraih medali lompat jauh.
Sumber :
  • INAPGOC

VIVA – Atlet para atletik Indonesia di nomor lompat jauh, Rica Oktavia, semringah usai mengetahui catatan lompatannya sejauh 5,25 meter pada kategori T20 putri. Torehan tersebut membuatnya memastikan emas ketiga bagi kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018.

Indonesia Wins 29 Gold Medals at Hangzhou Asian Para Games

Selain meraih medali emas ketiga bagi Indonesia, Rica juga berhasil memecahkan rekor Asia yang bertahan sejak tahun 2016.

"Alhamdulillah, bisa melewati rekor Asia. Saya senang bisa pas debut di Asian Para Games bisa langsung dapat emas. Apalagi, saya dari dulu memang sudah suka sama lompat jauh," kata Rica, kepada wartawan, Senin, 8 Oktober 2018.

Menpora Sambut Kedatangan Kontingen Indonesia yang Berlaga di Asian Para Games 2022

Rekor Asia lompat jauh T20 putri sebelumnya dipegang atlet Malaysia, Siti Noor Radiah Ismail, dengan jarak lompatan 5,20 meter yang dicatatkan di Paraliampiade 2016 di Brasil.

Siti Noor Radiah sendiri meraih perak di Asian Para Games 2018 dengan lompatan sejauh 5,18 meter dan medali perunggu di nomor ini direbut oleh atlet Jepang, Sakai Sonomi, dengan capaian lompatan 5,02 meter.

Saptoyogo Purnomo Pecahkan Rekor, Sabet 3 Emas Asian Para Games 2022 dalam 4 Hari

Raihan emas di Asian Para Games kali ini tidak membuat Rica lupa diri. Sebab, ia masih mempunyai target selanjutnya yakni, tampil di ajang Paralimpiade 2020.

"Saya mau bertanding di Paralimpiade 2020 di Tokyo karena lompat jauh merupakan nomor andalan saya. Terus, target saya sebenarnya di sini adalah melompat sejauh 5,30 meter," ucapnya.

Sukses meraih medali emas membuat atlet asal Pada itu dipastikan meraih bonus Rp1,5 miliar dari pemerintah. Rica pun sudah memiliki rencana terkait hal itu.

"Bonus Rp1,5 miliar rencananya akan saya gunakan untuk memberangkatkan haji kedua orang tua. Karena ibu hanya ibu rumah tangga, dan papa cuma jualan sate di Padang," tutur dia.

Di Asian Para Games 2018, Rica tampil di dua nomor. Selain lompat jauh T20 putri, dia juga berkompetisi di tolak peluru F20 putri.

Namun, di tolak peluru F20 itu, Rica tidak berhasil meraih medali. Di nomor tersebut, Indonesia mendapatkan dua medali yakni medali emas dari Suparniyati dengan tolakan sejauh 10,75 meter dan perunggu dari Tiwa dengan tolakan 6,44 meter. (ase)

Baca: Dapat Medali Emas, Suparniyati Mau Belikan Ibunya Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya