Dulang Banyak Emas, Kontingen Catur Indonesia Dianggap Belum Memuaskan

Atleti Catur Indonesia, Sinaga Suhardi di ajang Asian Para Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Manajer tim catur Indonesia, Heri Isranto, mengaku masih kurang puas dengan pencapaian atletnya di Asian Para Games 2018. Meskipun, cabang olaharaga catur mampu menyumbangkan emas terbanyak.

Profil Ashwath Kaushik, Bocah 8 Tahun yang Kalahkan Grandmaster Catur

Seperti diketahui, tim catur Indonesia berhasil menyabet 11 emas dari 6 hari penyelenggaraan eventnya di Cempaka Putih Sport Hall. Enam emas di antaranya diraih lewat berbagai kategori yakni, nomor catur standard, sedangkan lima sisanya disabet dari nomor catur cepat berbagai kategori.

Sebenarnya, Heri tetap bangga bahwa dengan prestasi anak asuhnya tersebut karena bisa berkontribusi meraih podium tertinggi dan sukses melampaui target pemerintah yang meminta empat emas. Namun, sedikit penyesalan tetap ada karena atletnya yang turun di nomor standard dan cepat B2/B3 gagal tampil maksimal. 

Momen Anies Main Catur Lawan Warga: Menang, Skak Mat dengan Kuda Hitam

"Waktu sesi pertama nomor catur standard banyak yang gagal, terutama untuk kategori B3 (tuna daksa). Andai para pemain B3 bisa maksimal, Insya Allah hasilnya bisa lebih baik. Di nomor catur cepat saja, para pemain B3 belum bisa sumbang emas," kata Heri.

"Meski begitu, saya bangga kami bisa sumbang emas paling banyak. Harusnya bisa lebih andai tidak ada sesuatu hal yang membebani atlet itu sendiri," ujarnya.

Kepengurusan Segera Berakhir, Catur Sumut Belum Siapkan Atlet PON 2024

Meski mendapat tambahan 11 emas dari cabang olahraga para catur, Indonesia belum bisa beranjak dari posisi enam klasemen sementara raihan medali. Kontingen Indonesia masih butuh tambahan tiga emas lagi untuk menyalip Uzbekistan yang berada di urutan lima dengan koleksi 33 emas.

Mantan juara catur dunia Garry Kasparov masuk daftar teroris Rusia

Legenda Catur Dunia Garry Kasparov Masuk Daftar Teroris Rusia

Otoritas Rusia telah memasukkan nama mantan juara catur dunia Garry Kasparov, ke dalam daftar teroris

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024