Venue Dayung Asian Games Bakal Dijadikan Wisata Olahraga

Venue dayung Asian Games 2018 di Palembang.
Sumber :

VIVA - Sebuah terobosan dilakukan PT Jakabaring Sport City atau JSC, dalam upaya memaksimalkan pemanfaatan Venue Dayung. Salah satunya ialah dengan membuka permainan watersport.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Permainan ini dibuka untuk umum dan dapat dinikmati semua wisatawan. Untuk saat ini, PT JSC baru menyediakan dua Jetski dan akan bertambah tiga, bantuan dari Pemerintah Kota Palembang.

"Danau di JSC ini sudah terkenal di dunia sebagai venue olahraga air. Demi memaksimalkan pemanfaatan, kita sudah sediakan dua unit jetski. Kita akan tambah lagi, mungkin ada bantuan dari Pemkot Palembang yang memiliki tiga unit jetski," kata Direktur Utama PT JSC, Meina Fatriani Paloh, Minggu 21 Oktober 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Dalam upaya mediasi ini, PT JSC mengundang langsung Walikota Palembang Harnojoyo dan jajaran pemerintah kota untuk mencoba permainan jetski di danau JSC. Orang nomor satu di kota Palembang itu juga merespon positif apa yang diinginkan Meina.

"Pak Harno sangat mendukung olahraga wisata di JSC. Lihat saja beliau sama istrinya sangat antusias saat main jetski di JSC," ujar Meina.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Selain Jetski, juga akan diadakan permainan banana boat di venue warisan Asian Games tersebut. "Jadi semuanya masih dikaji. Apabila semua sudah siap, maka akan dibuka untuk umum," sambung Meina.

Meina tidak menampik, kompleks JSC memiliki potensi besar di bidang wisata. Dalam pembicaraan dengan Harnojoyo, pihaknya memperlihatkan rencana pembuatan floating market di kanal JSC.

Di atas kanal itu dibuat restoran yang menghadap ke danau. Namun Meina membeberkan banyak potensi yang sangat mungkin untuk menjadikan JSC lebih hebat dalam hal wisata. Persoalan paling serius adalah pendanaan.

"Kita butuh investor dan dukungan pemerintah mulai dari Pemerintah kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, hingga Pemerintah pusat," beber Meina.

Meski mendorong pemaksimalan wisata olahraga, JSC tetap tidak akan meninggalkan olahraga prestasi. Tahun depan akan digelar kejuaraan cano, bowling, triathlon, menembak, dan voli pantai berlevel dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya