Reaksi Jokowi saat Bertemu Juara Dunia Penakluk Lifter China

Presiden joko Widodo dan Eko Yuli di Istana Negara.
Sumber :
  • Agus Rahmat SH - VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo mengaku bangga dengan prestasi lifter terbaik Indonesia, Eko Yuli Irawan. Eko berhasil menyabet gelar juara dunia angkat besi.

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

"Saya kira rakyat dan pemerintah kita sangat bangga atas prestasi yang diberikan oleh Pak Eko di kejuaraan yang kemarin baru saja diikuti. Saya kira ini prestasi-prestasi seperti ini kita harapkan terus berkesinambungan," kata Presiden Jokowi saat menerima Eko di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 8 November 2018.

Jokowi berharap cabang olahraga lain juga mampu menunjukkan prestasi di internasional. Untuk Eko, ini menjadi capaian prestasi lanjutan setelah juga berprestasi di Asian Games, Agustus lalu.

Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

Jokowi berjanji, pemerintah akan terus memberi support kepada Eko dan para atlet lain, yang berprestasi.

"Pemerintah akan terus memberikan support dari Kemenpora akan terus mengikuti, tentu saja dari cabang olahraga angkat besi, PABBSI akan terus mengikuti dan mengikutkan atletnya dalam kompetisi dan kejuaraan apapun," kata Jokowi.

KONI: Meninggalnya Lisa Rumbewas Jadi Duka Mendalam Bagi Olahraga Papua

Eko yang turut didampingi Menpora Imam Nahrawi dan Ketua Umum PB PABBSI Rosan P Roslani mengatakan, senang dengan capaian kali ini.

"Sejarah pertama juga bisa dapat medali emas, bahkan bisa pecah rekor, pasti senang bangga bisa jadi yang terbaik," kata Eko. 

Eko menjelaskan, target selanjutnya adalah emas di Olimpiade 2020Tokyo.

"Di Olimpiade kita pinginnya medali emas, mudah-mudahan support nya bisa maksimal dan hasilnya juga maksimal," katanya.

Lifter Kolombia, China dan Korea Utara, menurut Eko, adalah saingan terberat. Namun, ia tetap optimis, mengingat persiapan juga sudah cukup baik.

Peran pemerintah, menurutnya juga sangat baik. Sehingga prestasi Asian Games hingga saat ini, bisa diraihnya.

"Alhamdulillah dukungannya dari Olimpiade Rio kemarin sampai sekarang tanpa putus berjalan terus, terbukti di juara dunia ini," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya