Berlari Sambil Beramal untuk Gajah dan Elang Bondol

Pertamina kembali menggelar event lari bertajuk Pertamina Eco Run 2018.
Sumber :
  • VIVA / Pratama Yudha

VIVA – Setelah sukses pada beberapa perhelatan sebelumnya, PT Pertamina kembali menggelar event lari bertajuk Pertamina Eco Run 2018. Ini menjadi kali kelima Eco Run digelar di Indonesia.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Rencananya, event ini akan dihelat pada Minggu 9 Desember 2018 di Q-Big BSD City, Tangerang. Pesertanya diprediksi mencapai 7.500 pelari, yang terdiri atas pelari nasional hingga mancanegara.

Satu hal yang baru dari Eco Run 2018 adalah dibukanya kategori baru, yaitu Fun Run 1,5 KM bernama Pertamina Dex Kids Run untuk anak-anak berusia 6-12 tahun. Selain itu, kategori 5 KM Fun Run dan 10 KM Race Run bakal tetap menghiasi event ini.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Namun, ada satu perbedaan di kategori 10 KM Race Run. Sebab, kategori ini bisa diikuti oleh warga negara asing (WNA). Dan sejauh ini dipastikan ada peserta dari Amerika Serikat, Inggris, Kenya, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

"Bersama event ini kami mengajak masyarakat untuk terus hidup sehat. Melihat animo masyarakat yang semakin meningkat akhirnya kita buka kategori anak-anak," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat malam, 16 November 2018.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

Seekor Elang Bondol (Haliastur indus) berada di kandang rehabilitasi

Tak hanya menggaungkan hidup sehat, Eco Run juga menjadi ajang untuk beramal dalam pelestarian satwa langka, seperti gajah dan elang bondol. Nantinya, sebagian besar dana yang terkumpul dari biaya pendaftaran akan disumbangkan untuk konservasi dua jenis satwa tersebut. Sementara itu, sebagian lainnya diperuntukkan hadiah senilai lebih dari Rp150 juta.

"Bersama event ini kita juga ada charity. Dari dana yang terkumpul, sebagian akan dibuat hadiah dan sebagian lagi untuk konservasi gajah dan elang bondol. Untuk gajah bertempat di Medan dan elang bondol berlokasi di Kepulauan Seribu," lanjut Adiatma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya