PRSI Jadikan IOAC Sebagai Seleksi Pelatnas SEA Games 2019

Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ridho Permana

VIVA – Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Rahardjo, menegaskan bahwa Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2018 tak hanya sekadar kompetisi renang biasa. Namun, juga sebagai ajang seleksi pelatnas SEA Games 2019 Manila.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Hal ini bertujuan agar para atlet nasional menjalani kompetisi ini dengan serius. Sebab, nama besar tak akan jadi jaminan jika catatan waktu yang mereka miliki turun.

"Untuk renang, ajang ini akan dijadikan seleksi untuk pelatnas SEA Games 2019," kata Harlin kepada wartawan.

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Kendati demikian, IOAC tak menjadi satu-satunya kompetisi yang digelar PRSI untuk menentukan skuat SEA Games. Masih ada Festival Akuatik yang rencananya digelar pada April 2019.

"Jadi dari PRSI menerapkan ada dua event wajib untuk atlet nasional, yakni Indonesia Open Aquatic dan Festival Aquatik yang biasanya diselenggarakan pada April tiap tahunnya. Itu juga masuk kejuaraan nasional," lanjut Harlin.

Atlet Kodam IX/Udayana Sapu Bersih Medali di Ajang Sportel Bali Triathlon 2024

"Kita harap di IOAC cabang renang, para atlet bisa mendapat waktu yang bagus hingga kita mudah menyeleksi nenuju SEA Games 2018," tuturnya.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PRSI, Wisnu Wardhana, gelaran IOAC juga ditujukan untuk menjaga momentum usai Asian Games 2018. Sebab, renang sudah menjadi salah satu cabang unggulan dan untuk itu harus dilakukan pembibitan sejak dini.

"Secara umum dari IOAC yang kedua ini kita ingin menjaga momentum Asian Games kemarin. Secara pembinaan kita ingin akuatik bisa jadi primadona atau diunggulkan di multievent," ujar Wisnu.

"IOAC secara langsung akan berpengaruh pada pembinaan kita di usia dini dan kelompok umur. Karena ajang ini juga untuk menyaring bibit menggantikan perenang elite kita. Kita ingin pembinaan di bawah harus solid," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya