Demi Poin Olimpiade, 6 Atlet Karate Ikuti Kejuaraan di Shanghai

Tim Inkanas emas akan tanding di Shanghai, China
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Enam atlet karate asal Perguruan Karate Institut Karate-Do Nasional (INKANAS) yang dipimpin oleh Ketua Umum Jenderal Pol (Purn) Badrodin Haiti, akan diberangkatkan untuk mengikuti Kejuaraan WKF Karate 1 Series A. Kejuaraan ini dihelat di Shanghai, China, pada 7-9 Desember 2018.

Pecah Rekor, Inkanas Raih Emas World Karate Federation Youth League

Dalam kejuaraan yang digelar oleh World Karate Federation ini, Indonesia bakal bersaing dengan 78 negara lainnya untuk meraih poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Tim yang bernamakan Inkanas Emas ini digawangi oleh Krisda Putri (Kata Perorangan Putri), Dwi Fadhilah (Kumite Putri -50 Kg), Tri Winarni (Kumite Putri -61 Kg), Andi Mesyara Jerni (Kumite Putri -50 Kg), Aqtur Dimarsyah (Kumite Putra -67 Kg) dan Aditya Suhendar (Kumite Putra +84 Kg). Keenam atlet tersebut akan ditemani oleh manajer tim, Mursalim Badoo; pelatih Yedih Lesmana, Donny Zaiko, Aam Siti Aisyah; dan ofisial Ricky Muchtar.

ASKI Sends 23 Karateka to KWF World Championships in Tokyo

Mursalim, yang menjabat sebagai manajer sekaligus Kepala Pelatih Sensei, mengatakan kejuaraan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan tahap awal Bidang Prestasi PB INKANAS dalam kepengurusan 2018-2021 dalam membina atlet menuju tingkat International. Untuk itu, Inkanas menggelar pemusatan latihan mulai 27 November-4 Desember 2018.

"Saya berharap ke depannya semakin banyak atlet-atlet Inkanas yang dikirimkan ke kejuaraan internasional. Begitu pula untuk pengiriman wasit dan pelatih dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Ketua Dewan Guru PB Inkanas, Shihan Ellong Tjandra dalam rilis yang diterima VIVA.

18 Atlet Karate Indonesia Renzo United Tampil di Thailand Open 2023, Pembuktian Jadi Juara Sejati

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Ketua Bidang Luar Negeri Inkanas, Ricky Muchtar. Menurutnya, kegiatan ini merupakan misi federasi dalam memajukan karate Indonesia.

"Selain pengiriman atlet ke Kejuaraan di Luar Negeri, Inkanas juga akan mendatangkan 2 orang pelatih dari Dojo Pusat Jepang yaitu Takashi Yamaguchi (DAN VII) dan mantan juara Dunia Shinji Nagaki (DAN V) pada tanggal 15-19 Desember 2018 di Surabaya dan Medan. Selain itu Inkanas juga akan mengirimkan beberapa Karate-Ka untuk berlatih ke Jepang di akhir Januari 2019," ujar Ricky.

Nagham Abu Samra Juara Karate Asal Palestian

Nagham Abu Samra, Juara Karate Asal Palestina Meninggal Usai Serangan Biadab Israel

Nagham Abu Samra juara karate asal Palestina meninggal dunia usai serangan biadab yang dilakukan oleh Israel.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024