SEA Games 2019, Indonesia Bakal Kirim Atlet Muda

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menggelar pertemuan dengan sejumlah pengurus cabang olahraga Indonesia guna membicarakan pelatnas jelang SEA Games 2019 Manila. Acara dilakukan di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta pada Senin 7 Januari 2019.

On This Day: Menpora Imam Nahrawi Bekukan PSSI

Dalam pertemuan tersebut, Imam meminta kepada para pengurus cabang olahraga untuk mendahulukan atlet junior untuk dikirim ke SEA Games 2019. Sebab, atmosfer pertandingan internasional bisa jadi hal positif bagi mereka.

"Ini untuk memberikan nuansa keunggulan dan kompetisi yang lebih baik lagi baik atlet junior," ujar Imam kepada wartawan usai pertemuan.

Kasasi Ditolak, Imam Nahrawi Harus Jalani Hukuman Penjara 7 Tahun

Imam memiliki alasan kuat untuk meminta pengurus cabang olahraga melakulan itu. Karena menurutnya SEA Games bukan lagi target bagi Indonesia mencari peringkat atas.

"SEA Games tidak lagi menjadi patokan bagi Indonesia untuk juara atau menempati peringkat. SEA Games adalah batu loncatan bagi atlet menuju Asian Games dan Olimpiade," imbuhnya.

Skandal Olahraga, Taufik Hidayat Bocorkan soal 'Tikus' Kemenpora

Tak cuma itu, Imam juga ingin cabang olahraga yang menjadi prioritas adalah nomor pada Olimpiade 2020. Sehingga dana pelatnas Rp500 miliar pada tahun ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Ini akan jadi kesempatan untuk nomor-nomor unggulan Indonesia menuju Olimpiade. Karena dapat terbiayai dengan baik sehingga bisa mengikuti kegiatan uji coba di luar negeri," kata Imam.

Sejauh ini, baru sekira 30 persen cabang olahraga yang mengajukan pendanaan 2019. Imam berharap yang lain untuk mempercepatnya agar bisa dieksekusi sebaik mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya