Indonesia Saingi India dan Duo Korea untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Indonesia secara resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Itu setelah penyerahan surat asli Presiden RI, Joko Widodo, kepada Presiden IOC, Thomas Bach, di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Penyerahan surat pernyataan tersebut dilakukan Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadad, pada Senin 11 Februari 2019. Indonesia merasa siap untuk menggelar Olimpiade berkaca pada kesuksesan menggelar dua multievent terbesar se-Asia, Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Keinginan itu juga ditegaskan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir. Menurutnya, Presiden Joko Widodo benar-benar serius dalam mewujudkan mimpi menggelar ajang multievent terbesar di dunia itu.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Benar, kini sudah resmi. Indonesia sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Sesuai dengan apa yang pernah saya katakan, bahwa pasca-Asian Games 2018, akan ada pengajuan surat secara resmi. Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap," kata Erick dalam rilis yang diterima VIVA.

Ditambahkan Erick, selepas pengajuan ini, Indonesia harus lebih sering menggelar event olahraga bertaraf internasional. Itu sebagai usaha untuk meyakinkan pihak IOC agar semakin yakin memilih Indonesia.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Salah satunya seperti yang dilakukan cabang bola basket dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang.

"Menurut saya, langkah selanjutnya setelah pengajuan resmi itu adalah Indonesia harus lebih sering menggelar single event bertaraf internasional sebagai ajang persiapan. Dengan sering menggelar kejuaraan-kejuaraan bertaraf internasional, maka selain menjadi salah satu ajang promosi untuk tuan rumah Olimpiade 2032 dan meningkatkan animo masyarakat, venue yang sudah dibangun juga tidak terbengkalai," ujar Erick.

"Apalagi venue-venue yang sudah digunakan untuk Asian Games 2018 lalu sudah memenuhi standar internasional," jelas dia.

Sebagai informasi, langkah Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tak akan mudah. Indonesia akan mendapat saingan ketat dari India dan gabungan Korea Selatan-Korea Utara.

Namun, jika berhasil, Indonesia akan menjadi negara Asia keempat yang bisa menyelenggarakan Olimpiade setelah Jepang, China, dan Korsel.

Pemilihan tuan rumah untuk Olimpiade 2032 baru dilakukan pada 2025. Sementara itu, Olimpiade 2020 akan digelar di Jepang. Disusul Paris sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 dan Los Angeles untuk Olimpiade 2028.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya