Bentrok Pemilu, Jadwal Sungailiat Triathlon 2019 Digeser

Sungailiat Triathlon
Sumber :

VIVA – Gelaran Sungailiat Triathlon kembali akan digelar pada tahun ini. Bertempat di Pulau Bangka, Sungailiat Triathlon 2019 bakal berlangsung pada 13 Juni mendatang.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Tak seperti biasanya, ajang yang sudah tujuh tahun bergulir ini diadakan bulan Juni. Karena, di edisi sebelumnya, Sungailiat Triathlon selalu digelar bulan April.

Namun, akibat berbarengan dengan Pemilihan Umum dan bulan Mei bertepatan puasa, maka panitia memilih untuk menyeleggarakannya pada bulan Juni.

Meski ada pengunduran jadwal, pihak panitia tetap optimistis peserta yang ikut akan mengalami penambahan. Sebab, bertambah peserta bakal meningkatkan aktivitas ekonomi dan pariwisata untuk masyarakat sekitar.

"Pada tahun 2018 sekitar 500 peserta dari 18 negara ikut Sungailiat Triathlon. Pada tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 600 peserta dari 20 negara,"  kata CEO PT Pantai Timur Sungailiat Thomas Jusman selaku panitia Sungailiat Triathlon di Jakarta, Selasa 26 Maret 2019.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Ditambahkan Thomas, Sungailiat Triathlon 2019 akan memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Para peserta akan melewati berbagai objek wisata unggulan, seperti Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir, serta Pantai Teluk Uber sebagai rutenya.

Selain itu, Thomas juga berharap pesona alam yang ditampilkan Pulau Bangka bisa memikat hati para triathlete. Namun, hal tersebut dibutuhkan inovasi baru demi meningkatan antusiasme dari para peserta.

"Persiapan Sungailiat Triathlon sudah mencapai sekitar 40-50 persen. Nanti di panjang pantai sekitar 9 kilometer ada latar belakang bebatuan sehingga memiliki pemandangan yang eksotis. Ada juga kawasan agrowisata dan budayanya," ucapnya.

Ajang Sungailiat Triathlon nantinya dibagi dalam tiga kategori, yakni jarak panjang (long distance) di mana peserta akan berenang sejauh 1,9 km, mengayuh sepeda sejauh 90 km, dan berlari sepanjang 21 km.

Untuk kategori jarak menengah (standar), peserta akan menempuh 1,5 km untuk renang, sepeda 40 km, dan lari sepanjang 10 km. Sedangkan, kategori jarak pendek (sprint) terdiri atas renang 750 meter, sepeda 20 km, dan lari sepanjang 5 km.

Sementara itu, COO PT Rocca Karya Indonesia, Zacky Badrudin, selaku promotor Sungailiat Triathlon 2019, menyampaikan, bahwa dalam perlombaan tahun ini akan diberlakukan sistem poin, yang dijadikan penentu peringkat bagi para triathlete.

"Dimana sistem poin ini diharapkan menjadi sarana pemuas bagi triathlete karena poin tersebut dijadikan penentu peringkat. Karea akan kebanggaan dalam pencapaian pribadi mereka setelah mengggeluti dunia triathlon sesuai dengan kategori umur yang diikuti," ujar Zacky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya