2 Perenang Indonesia Bakal Dilatih Juara Dunia di Thailand

Kolam renang Gelora Bung Karno Jakarta.
Sumber :

VIVA – Sebanyak 60 perenang muda dari berbagai klub renang di Jakarta mengikuti pelatihan dari atlet asal Inggris, Antony James dan Matthew Zammit di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu 20 April 2019. 

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Dari pelatihan ini, dua perenang terbaik nantinya berkesempatan untuk mengikuti pelatihan khusus dari Juara Dunia renang gaya bebas asal Inggris, Ben Proud, di Phuket, Thailand pada September 2019 mendatang.

Pelatih kepala klub renang JAQ, Wisnu Wardhana, mengungkapkan acara pelatihan ini merupakan kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan yang bertujuan untuk mencari bibit muda olahraga akuatik, khususnya renang. 

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

"Ini menjadi salah satu keuntungan buat kami tentunya dari beberapa klub di Jakarta. Jadi, juaranya nanti akan dikirim ke Phuket, Thailand untuk dilatih langsung oleh Ben Proud," kata Wisnu.

Wisnu mengungkapkan, banyak pelajaran yang didapatkan oleh perenang-perenang muda dalam pelatihan ini. Khusus untuk renang Indonesia, menurutnya kegiatan ini juga sangat positif. Apalagi belum lama ini perenang asal Amerika Serikat yang juga peraih medali emas Olimpiade, Jason Lezak dan peraih emas Olimpiade asal Australia, Bill Kirby juga hadir di Indonesia. 

Atlet Kodam IX/Udayana Sapu Bersih Medali di Ajang Sportel Bali Triathlon 2024

"Jadi banyak sekali pengalaman yang dapat diambil oleh perenang Indonesia. Tentunya dari pengalaman bertanding, psikologis, dan lainnya," ucap mantan perenang era 1990-an itu.

Salah satu perenang muda yang terpilih, Florine Liminita mengaku senang dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya, penjelasan dari instruktur sangat detail perihal teknik-teknik dasar dalam renang. 

"Saya sangat senang sekali berkesempatan untuk mengikuti training bersama salah satu perenang terbaik. Semoga ini menjadi pengalaman yang berharga buat saya dan membuat saya lebih baik lagi ke depannya," ucap perenang 15 tahun itu. 

Sementara itu, Matthew Zammit memuji perenang-perenang muda yang mengikuti pelatihan ini. Menurutnya, para peserta sudah benar-benar memiliki teknik berenang yang baik. Selain itu, Matthew juga terkesan dengan Stadion Akuatik GBK. 

"Fasilitas yang sangat menakjubkan. Indonesia sangat beruntung memiliki fasilitas seperti ini," tuturnya.

Laporan: Robbi Yanto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya