Elysha Pribadi, Masa Depan Renang Indonesia

Perenang muda Indonesia, Elysha Chloe Pribadi.
Sumber :
  • PRSI

VIVA – Elysha Chloe Pribadi diharapkan bisa menjadi tumpuan renang Indonesia di masa depan. Dara berusia 14 tahun ini, tiba-tiba jadi buah bibir, saat tampil mengesankan dengan menyumbang lima medali emas untuk kontingen DKI Jakarta pada Kejuaraan Nasional Renang (Kejurnas) bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2019 di Stadion Akuatik GBK Jakarta, 25-28 April lalu.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Elysha yang turun pada kategori Kelompok Umur-2 (14-15 tahun) berhasil menyabet enam medali untuk tim DKI Jakarta dengan rincian empat medali emas perorangan, satu medali emas beregu dan satu medali perunggu. 

Raihan Elysha cukup besar, menyabet hampir seperempat dari total perolehan medali kontingen DKI Jakarta yakni 21 emas, 17 perak dan 27 perunggu. Selain Elysha, emas untuk kontingen DKI Jakarta juga lahir dari perenang Kelompok umur-3, Bryan Haganta Tarigan (13 tahun) yang menyumbangkan 4 emas dan 4 perak. 

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

Penampilan heroik Elysha terjadi di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri. Elysha yang tertinggal sejak start, berusaha sekuat tenaga menyusul lawan-lawannya. Usaha Elysha berbuah hasil manis, ketika beberapa cm sebelum finish.

Tangan Elysha menyentuh dinding pertama dan menjadi yang tercepat dengan waktu 29,50 detik. Hanya beda sangat tipis dengan lawannya Zefanya Imanuela Yus (Kalimantan Utara) 29,84 detik dan Nuraini (DKI Jakarta) 30,24 detik.

Atlet Kodam IX/Udayana Sapu Bersih Medali di Ajang Sportel Bali Triathlon 2024

"Saya memang tidak diunggulkan pada event ini. Dan posisi saya sebagai underdog cukup membantu, sehingga tidak ada beban mental. Saya cukup senang dengan hasil ini, yang akan jadi motivasi besar saya untuk terus giat berlatih," kata Elysha.

Namun, Elysha, tidak bisa mengikuti seluruh rangakain perlombaan di FAI karena di hari keempat ia memilih untuk meninggalkan Jakarta dan terbang ke Australia untuk melanjutka sekolahnya. Sementara Ayah Elysha, Reza Pribadi, mengatakan bahwa, putrinya merupakan sosok yang pantang menyerah dan menyukai tantangan.

"Saya mengikuti perkembangannya sejak kecil dan jiwa kompetisinya mulai tumbuh. Sebagai orang tua, kami hanya mendukung anak. Tentunya anak yang menentukan sendiri keberhasilannya. Dan saya bersyukur Elysha punya target untuk terus berusaha lebih baik dan lebih baik lagi," tutur Reza.

Berikut medali yang diraih Elysha Pribadi di FAI 2019:

1. Medali emas nomor 200 meter gaya ganti putri dengan catatan waktu 2 menit 27,74 detik.

2. Medali emas nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatatn waktu 1 menit 00,14 detik.

3. Medali emas nomor 100 meter gaya punggung putri dengan catatan waktu 1 menit 07,70 detik.

4. Medali perunggu nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan waktu 1 menit 15,36 detik.

5. Medali emas beregu nomor estafe 4x100 meter gaya bebas putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya