Lalu Muhammad Zohri Segel Tiket Olimpiade 2020

Lalu Muhammad Zohri lolos ke Olimpiade 2020
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri menyegel tiket untuk tampil di Olimpiade 2020 di Jepang. Hasil itu berbekal dari penampilan menawannya di Seiko Golden Grand Prix 2019, Osaka, Minggu 19 Mei 2019.

Lalu Muhammad Zohri Jadi Andalan PB PASI Tembus Olimpiade 2024

Turun di nomor andalannya 100 meter putra, pelari 18 tahun itu finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik.

Zohri hanya kalah dari juara dunia sprint asal Amerika Serikat, Justlin Gatlin, serta sprinter tuan rumah Jepang, yang sudah kenyang pengalaman. Gatlin mencatatkan waktu 10.00 detik dan peringkat dua wakil Jepang, Kiryu Yoshihide dengan 10,01 detik. 

SAC Indonesia 2023 Sukses Diigelar, 16 Atlet Terbaik Dikirim ke China

Bagi Zohri, catatan waktu 10,03 detik membuat ia memecahkan rekor nasional miliknya, sekaligus Asia Tenggara, untuk nomor 100 meter. Sebelumnya, Zohri mencatatkan waktu 10,13 detik pada ajang yang berlangsung di Qatar, April lalu.

Kepala Humas PB PASI, Hendri Firzani mengungkapkan, Zohri dipastikan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Sebab, limit untuk pelari yang bisa tampil di ajang multi event terbesar di dunia itu, yakni 10.05.

Berlangsung Ketat, Babak Puncak SAC Indonesia 2023 Catatkan Dua Pemecahan Rekor

"Lagi-lagi, Zohri berhasil pecahkan rekornas. Dia lolos ke Tokyo, karena catatan catatan waktunya di Osaka masuk limit. Limit Olimpiade 10,05 detik. Kejuaraan di Osaka, masuk kualifikasi Olimpiade," ujar Hendri.

Pada ajang ini, Zohri menjadi atlet dari Asia Tenggara satu-satunya yang turun di final nomor lari 100 meter putra. Dari sembilan sprinter yang tampil di final, tiga di antaranya merupakan pelari Amerika Serikat, lima sprinter lainnya berasal dari Jepang. (asp)

Greysia Polii

Greysia Polii Masuk Jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia

Greysia Polii, mantan atlet bulutangkis bersama Akbar Nasution dari renang masuk dalam jajaran Komite Eksekutif NOC Indonesia. Keduanya adalah atlet jebolan Olimpiade.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024