INASGOC Apresiasi Hasil Laporan Keuangan Asian Games 2018

Ketua INASGOC, Erick Thohir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir mengapresiasi keberadaan para personel BPKP dan TP4 yang aktif melaksanakan pendampingan di  kepanitiaan Asian Games XVIII serta BPK yang telah melakukan pemeriksaan dalam menjalankan pengadaan barang dan jasa dalam pelaksanaan pesta olahraga bangsa Asia, 18 Agustus-2 September tahun lalu.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Apresiasi Erick Thohir tersebut didasari atas penilaian dari BPK terhadap standar akuntansi pengelolaan keuangan di INASGOC, dimana meskipun penggunaan anggaran INASGOC yang sangat besar harus dilakukan dalam waktu yang relatif sangat singkat dan dengan sejumlah peraturan yang sangat ketat, namun faktanya laporan yang disampaikan dinilai sangat positif.

Dan seandainya pun ada sejumlah temuan, tidak signifikan dan dengan cepat bisa diselesaikan oleh INASGOC melalui Tim Lukuidasi yang seluruh pimpinan dan anggotanya juga merupakan personel INASGOC.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Bahkan  dengan kedudukan INASGOC sebagai Satuan Kerja (Satker) Kemenpora, ternyata aporan keuangan INASGOC lebih baik dibandingkan Satker lain yang ada di Kemenpora. Belum lagi dengan tingkat penyerapannya, karena meskipun anggarannya paling besar, tapi tingkat penyerapannya paling cepat dan tinggi dengan tingkat akurasi yang kredibel sesuai peraturan. Ini salah satu kelebihan INASGOC.

“Sejak jauh hari, kami memang meminta pendampingan dan perhatian khusus dari lembaga-lembaga keuangan negara, baik itu BPK, BPKP dan TP4P, agar pengelolaan lebih baik dan sukses administrasi tercapai. Hal itu terbukti, berkat peran para pihak yang terkait. Ada kesalahan, tetapi sangat minor dan tidak signifikan,” ungkap Erick kepada media di Jakarta, Kamis 30 Mei 2019.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Anggota BPK RI, Achsanul Qosasih pernah menyampaikan bahwa keterlibatan personel BPK memang ditujukan agar memeriksa uang negara yang digunakan untuk menggelar Asian Games 2018. Bahkan, ia pernah memberikan penilaian bahwa pengelolaan keuangan INASGOC tergolong baik.

Hal senada juga dinyatakan Sesmenpora, Gatot Dewa Broto yang menilai sistem pengelolaan keuangan Asian Games 2018 lalu tergolong positif.

“Untuk penyelenggaraan Asian Games yang berada di bawah INASGOC sejauh ini memang ada catatan, tapi sangat sedikit dan tidak signifikan serta masih bisa dipenuhi. Saya apresiasi INASGOC. Bahkan seandainya tidak ada OTT di Kemenpora bulan Desember 2018 lalu, laporan kinerja keuangan INASGOC nyaris memberikan kontribusi signifikan pada predikat WTP,“ ujar Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya