Dahsyat, Ahsan/Hendra Lolos Perempatfinal Kejuaraan Dunia 2019

Pilar ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan
Sumber :
  • BWF

VIVA – Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan lolos ke perempatfinal BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia 2019, setelah mengalahkan duet Alexander Dunn/Adam Hall

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di lapangan 3 St. Jakobshalle di Basel, Switzerland, Kamis 22 Agustus 2019, Ahsan/Hendra melumat pemegang ranking 59 dunia itu dengan angka 21-19 dan 21.

Kemenangan diraih Ahsan/Hendra dengan pertarungan yang cukup sulit. Bagaimana tidak, sejak awal laga dimulai pebulutangkis Skotlandia itu langsung menggempur pertahanan mereka.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Di awal laga terlihat jelas ranking 2 dunia itu cukup kewalahan, terbukti mereka sempat tertinggal angka pada kedudukan 9-11. Namun, usai jeda Ahsan/Hendra membuktikan diri mereka bukan pebulutangkis biasa, usai mengejar ketertinggalan dan menyamakan poin pada angka 14-14, mereka melejitkan angka dan berbalik unggul.

Puncaknya di menit 16, Alexander/Adam dibuat terpana karena Ahsan/Hendra justru lebih dahulu merebut kemenangan dengan angka tipis 21-19.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Pada game kedua, Ahsan/Hendra tak lagi memberikan kesempatan bagi lawan untuk menguasai laga. Reli poin pun terjadi. Angka di papan skor sangat ketat. Tapi lagi-lagi Alexander/Adam bisa unggul di jeda pada poin 10-11.

Apa yang terjadi di game pertama terulang lagi di game kedua. Ahsan/Hendra berhasil menyamakan angka 14-14 dan malah kembali berbalik unggul 16-14.

Akhirnya di menit 32  juara All England Open 2019 itu menghancurkan mimpi Alexander/Adam untuk bisa jadi juara dunia. Ahsan/Hendra memenangkan game kedua dengan poin 21-16.

Ahsan/Hendra merupakan tulang punggung utama Indonesia untuk bisa membawa pulang medali emas BWF World Championships 2019 setelah junior mereka, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon secara tak terduga ditumbang ranking 23 dunia, Choi SulGyu/Seo Seung Jae di laga perdana kemarin.

Ahsan/Hendra

Sebelumnya untuk lolos ke babak 16 besar Ahsan/Hendra mengalahkan Jelle Maas/Robin Tabeling. Hebatnya, ganda putra Belanda itu dilumat cuma dalam 26 menit dengan angka 21-13 dan 21-12.

Di perempatfinal nanti Ahsan/Hendra berpeluang saling bunuh dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Syaratnya Fajar/Rian bisa menjungkalkan ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong di babak 16 besar.

Perlu diketahui, Ahsan/Hendra merupakan perusak dominasi China di Kejuaraan Dunia. Sudah 12 tahun sudah mereka menjadi ancaman pebulutangkis negeri panda itu. Bahkan, mereka telah mengantongi 2 gelar juara dunia di tahun 2013 dan 2015.

Baca: 3 Pebulutangkis India Kepung Jonatan Christie di Kejuaraan Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya