Indonesia Rugi Besar, Tiga Ganda Terjebak di Grup Neraka Denmark Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Indonesia mendapatkan hasil undian yang sangat tak menguntungkan di turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 750, Denmark Open 2019.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Tiga wakil RI harus berada di grup yang sama. Dan tak cuma itu mereka juga satu grup dengan para raksasa bulutangkis dunia.

Hasil undian ini terjadi sektor ganda campuran, tepatnya di grup teratas atau Bottom Top, ada tiga ganda RI yang masuk dalam grup ini, mulai dari Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentara dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Yang paling tak enak lagi, di grup itu juga ada sang monster bulutangkis dunia penguasa ranking 1, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan juga pemegang ranking 3 dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanchai.

Memang sih, ketiga ganda RI itu tak akan bentrok di laga perdana. Tapi, mereka akan saling bunuh di babak 16 besar perempatfinal, dengan syarat mereka memenangkan laga.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tontowi Ahmad/Winny Kandow Melaju ke Perempat Final

Ini jelas sangat merugikan, karena dengan pertemuan ini, dipastikan dari tiga wakil itu cuma satu saja yang bisa lolos ke semifinal. Itupun jika mereka mampu mengalahkan Zheng/Huang atau Dechapol/Sapsiree di perempatfinal lho.

Dalam hasil undian itu, Owi/Winny yang paling sial tentunya. Mereka berada di sektor yang sama dengan kedua raksasa bulutangkis dunia itu. Mereka berada di sektor 1.

Hanya saja Owi/Winny sedikit beruntung, sebab Zheng/Huang dan wakil Thailand itu akan saling hajar dahulu di babak 32 besar. Sedangkan Owi/Winny akan bertarung melawan duet anyar Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara.

Sementara itu, di sektor 2, sebelum terjadi perang saudara di babak 16, Preveen/Melati akan berhadapan dahulu dengan wakil Inggris,  Ben Lane/Jessica Pugh di laga perdana. Sedangkan Rinov/Pitha menghadapi Lu Kai/Chen Lu.

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Dengan kombinasi seperti ini, layak kiranya grup ini dijuluki grup neraka bagi Indonesia.

Beruntung Indonesia masih memiliki satu wakil lagi, mereka ialah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka berada di grup bawah yang tak banyak dihuni raksasa meski di grup ini ada penguasa ranking 2 dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Dengan hasil undian ini maka peluang Indonesia untuk mengubur catatan buruk di turnamen ini menjadi semakin tipis. Perlu diketahui, sudah 18 tahun tak ada seorang pun ganda campuran RI yang bisa menjuarai turnamen berhadiah total 775.000 Dolar Amerika Serikat itu.

Terakhir kali tahta juara ganda campuran Denmark Open berhasil dibawa pulang ke tanah air pada tahun 2001 melalui perjuangan Tri Kusharjanto/Emma Ermawati.

Baca: Kejayaan Kevin/Marcus Terancam Fakta Menakutkan Denmark Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya