Dua Kekalahan Menyakitkan Kevin/Marcus yang Gegerkan Dunia Bulutangkis

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memang layak disebut maha raja ganda putra turnamen bulutangkis dunia. Bagaimana tidak, sepanjang tahun ini mereka sudah mengantongi 5 gelar juara turnamen BWF World Tour lho.

Ranking Dunia Terbaru, Fajar/Rian Tergusur ke Posisi 4

Dan hebatnya lagi, dua gelar juara di antaranya merupakan gelar di turnamen level tertinggi dunia, BWF Super 1000.

Sedangkan tiga gelar juara lainnya masing-masing 1 gelar juara di BWF Super 750 dan 2 di BWF Super 500.

Maharatu Bulutangkis Dunia Dipermalukan Gadis China, Ganda Putra Indonesia Gigit Jari

Gelar juara yang pertama kali mereka dapatkan di tahun 2019 ini ialah di Malaysia Masters 2019. Lalu Indonesia Masters 2019, kemudian Indonesia Open 2019, Japan Open 2019 dan China Open 2019.

Namun di balik semua kehebatan itu, ada cerita menyakitkan yang mereka alami, cerita tentang kekalahan-kekalahan tak terduga yang mereka alami. Dan semua itu terjadi laga perdana.

Kisah Tragis Monster Bulutangkis Dunia di Denmark Open 2023

Kisah kekalahan menyakitkan pertama yang menimpa The Minions ialah kekalahan di babak 32 besar All England Open 2019.

Kejadiannya berlangsung pada 6 Maret 2019, di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris. Saat itu sebenarnya mereka sangat diunggulkan karena berstatus sebagai juara bertahan All England Open dua tahun beruntun pada 2017 dan 2018. Lawan mereka kala itu ganda China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Meski saat itu Liu/Zhang tak diunggulkan, tapi apa yang terjadi. Mereka tampil mengganas dan merebut kemenangan melalui pertarungan selama satu jam tujuh menit. Juara Dunia 2017 itu mengalahkan Kevin/Marcus melalui rubbergame dengan poin 21-19, 20-22 dan 21-17.

Bagai petir di siang bolong, kabar kekalahan Kevin/Marcus cuma menggegerkan dunia bulutangkis. Apalagi mereka baru saja menjuarai dua turnamen secara beruntun, yaitu di Malaysia Masters 2019 dan Indonesia Master 2019.

Kekalahan itu membuat impian Kevin/Marcus untuk mencetak hatrrick juara turnamen bulutangkis tertua dunia itu menjadi buyar.

All England Open 2019 ternyata bukan pengalaman kekalahan menyakitkan pertama dan terakhir yang diderita Kevin/Marcus. Beberapa bulan kemudian, kekalahan menyakitkan kembali mereka alami. Kali ini lebih menyakitkan lagi dari All England Open, mereka kalah di Badminton World Championships alias Kejuaraan Dunia.

Okelah, bisa dianggap wajar jika Kevin/Marcus dikalahkan Liu/Zhang. Tapi di Badminton World Championships mereka dipecundangi ganda putra yang rankingnya sangat jauh. Kevin/Marcus dikalahkan pemegang ranking 23 dunia, Choi SolGyu/Seo Seung Jae.

Dan yang paling mengejutkan, The Minions dipaksa angkat kaki dari St. Jakobshalle di Basel, Switzerland, di laga perdana yang dilangsungkan di hari ketiga Rabu 21 Agustus 2019.

Pertadingan berlangsung selama satu jam tujuh menit, dan Kevin/Marcus dikalahkan melalui rubbergame dengan angka 14-21, 21-14 dan 23-21.

Apa yang mereka alami ini membuat Kevin/Marcus harus mengubur cita-cita untuk bisa mencatatkan nama mereka di daftar para Juara Dunia. Sebab, meski lebih dari 100 pekan menguasai ranking 1 dunia. Tapi Kevin/Marcus belum pernah jadi Juara Dunia.

Baca: Pukulan Aneh Raja Bulutangkis Eropa Bisa Bikin Denmark Open Heboh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya