Dahsyat, Leo/Daniel Rebut Tahta Juara Dunia Bulutangkis dari Duo China

BWF World Junior Championships 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Sungguh dahsyat, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mempersembahkan medali emas dari sektor ganda putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior atau BWF World Junior Championships 2019.

2 Wakil Indonesia Tembus Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2022

Yang hebatnya lagi, mereka merebut gelar Juara Dunia Junior dari tangan sang Juara Dunia Junior 2018, Di Zijian/Wang Chang.

Dalam pertarungan final yang dilangsungkan di Kazan Gymnastics Center, Kazan, Republic of Tatarstan, Russia, Minggu malam 13 Oktober 2019, kemenangan tak diraih Leo/Daniel dengan jalan yang mudah. Karena memang lawannya adalah unggulan pertama.

3 Wakil Indonesia Melaju ke Semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2022

Pada game pertama, meski lawan yang dihadapi adalah pemegang gelar Juara Dunia Junior 2018, terlihat Leo/Daniel tak gentar sama sekali, mereka dengan sangat leluasa menggempur pertahanan Di/Wang.

Memang perolehan poin berjalan ketat, walau begitu Leo/Daniel masih unggul dua poin pada kedudukan 5-3.

Kejuaraan Dunia Junior 2022, Skuad Bulutangkis Indonesia Fokus Adaptasi Lapangan

Tak cuma menyerang dengan smes-smes mematikan, Leo/Daniel juga merepotkan pertahana Di/Wang dengan bola-bola atraktif di depan net. Mendekati pertengahan game mereka berhasil melebarkan jarak poin jadi 8-5. Dan saat jeda mereka mampu mempertahankan keunggulan pada skor 11-9.

Selepas jeda Di/Wang berusaha menekan Leo/Daniel. Tapi itu tak mudah, duo RI ini bermain agresif. Walau begitu mereka mampu merapatkan angka dari Leo/Daniel pada kedudukan 12-11.

Leo/Daniel kembali mendapatkan poin untuk menjaga keunggulan 2 poin pada kedudukan 14-12. Sayangnya, serangan bola-bola menyilang dari Di/Wang sering menyulitkan dan dengan mudah menembus jantung pertahanan mereka.

Memasuki waktu krusial, reli poin tipis masih terjadi. Leo/Daniel unggul satu poin, angka di papan skor menunjukkan poin 16-15.

Di/Wang sempat menyamakan angka 16-16. Tapi sebuah bola sambaran menyilang dari Leo hasil bola servis gagal diselamatkan duo China itu, poin berubah lagi 17-16. Bahkan beberapa kesalahan dari Di/Wang membuat Leo/Daniel melejitkan poin 19-16.

Sayang, Leo/Daniel gagal mempertahankan keunggulan, smes-smes maut dari Di menjebol pertahan mereka dan poin kembali sama kuat 19-19. Setelah poin sama kuat, Leo/Daniel kembali unggul 20-19. Akhirnya sebuah smes keras dari Wang tersangkut di net dan Leo/Daniel menutup game pertama di menit 17 dengan poin 21-19.

Kekalahan di game pertam membuat Di/Wang terlihat sangat waspada di game kedua. Meski begitu, mereka lebih banyak melepaskan smes keras, akhirnya di awal game mereka mampu unggul 1-3 dari Leo/Daniel.

Setelah unggul Di/Wang sedikit mengendurkan serangan. Di sisi lain, Leo/Daniel mulai meningkatkan daya tempur, alhasil Leo/Daniel malah membalikkan kedudukan jadi 7-5.

Malahan mendekati pertengahan game Leo/Daniel semakin menjauhkan perolehan angka 9-6. Tapi sayang, saat jeda Leo/Daniel malah berbalik tertinggal 10-11 dari Di/Wang.

Setelah jeda, Leo/Daniel mendapatkan dua poin mudah untuk berbalik unggul 12-11. Poin mereka dapatkan gara-gara kesalahan Di/Wang.

Mendekati waktu genting, Leo/Daniel malah membuat kesalahan sehingga Di/Wang bisa menyamakan angka 13-13. Namun, skor tak bertahan lama, empat angka beruntun didapatkan Leo/Daniel untuk kembali unggul 17-13. Angka didapatkan dari hasil serangan dan servis tipuan Daniel serta bola kesalahan dari Di/Wang.

Dalam kondisi unggul jauh, Leo/Daniel malah kehilangan kesabaran untuk segera merebut kemenanngan kedua. Efeknya mereka sering membuat kesalahan yang menguntungkan Di/Wang dan poin mereka kembali menipis 17-16.

Dua sambaran Leo dan sebuah bola kesalahan dari Wang akhirnya mampu menambah pundi poin mereka untuk unggul jauh 20-16.

Sayang Leo membuat dua kesalahan hingga Di/Wang merapatkan angka 20-18. Tapi akhirnya sebuah smes keras dari Leo menutup laga dengan kemenangan untuk Indonesia, 21-18.

Baca: Lagi, China Hancurkan Mimpi RI di Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya