Wahyu/Ade Gagal Susul Kevin/Marcus ke Perempatfinal Denmark Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso menjadi ganda puta Indonesia pertama yang akhirnya gagal menjuarai BWF World Tour Super 750, Denmark Open 2019. Mereka dikalahkan Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Ranking Dunia Terbaru, Fajar/Rian Tergusur ke Posisi 4

Dalam laga babak 16 besar yang dilangsungkan di Odense Sportspark, Odense V, Denmark, Kamis 17 Oktober 2019, Wahyu/Ade sebenarnya memiliki peluang besar untuk merebut tiket perempatfinal. Karena sempat memenangkan game pertama. Sayangnya di game kedua dan rubbergame mereka gagal merebut kemenangan.

Pada game pertama sebenarnya permainan duo Taiwan sangat baik. Terbukti ganda RI itu dibuat kewalahan dan tertinggal angka cukup jauh, 17-12. Bahkan mereka sempat mendapatkan peluang untuk merebut kemenangan setelah unggul angka pada kedudukan 20-19.

Maharatu Bulutangkis Dunia Dipermalukan Gadis China, Ganda Putra Indonesia Gigit Jari

Namun, apa yang terjadi. Tiba-tiba saja di detik-detik krusial, Wahyu/Ade malah mendapatkan 3 angka beruntun dan merebut kemenangan yang sebelumnya sudah ada di depan mata Lu/Yang. Wahyu/Ade merebut kemenangan dengan angka 20-22.

Kekalahan di game pertama cukup membuat penguasa ranking 20 dunia itu meradang, di game kedua mereka meningkatkan serangan. Mereka hanya memberikan kesempatan pada Wahyu/Ade untuk menyamakan angka pada kedudukan 7-7. Setelah itu, perolehan poin mereka tak terkejar lagi dan di menit 34 mereka menutup game dengan kemenangan telak 21-12.

Kisah Tragis Monster Bulutangkis Dunia di Denmark Open 2023

Kemenangan telak di game kedua cukup membakar semangat Lu/Yang untuk bisa menyingkirkan Wahyu/Ade dari Denmark Open 2019. Terbukti di awal game dengan cepat mereka bisa unggul jauh pada angka 7-2. Wahyu/Ade berusaha mengejar ketertinggalan angka dan pada menit 46 mereka bisa menyamakan kedudukan 10-10. Malahan saat jeda mereka berbalik unggul 10-11.

Sayangnya, Wahyu/Ade tak kuasa mempertahankan keunggulan, Lu/Yang berhasil menyamakan angka saat kedudukan 14-14. Malahan poin mereka kembali tertinggal jauh 19-15. Mereka berusaha mengejar. Tapi sayang, di menit 57 Lu/Yang menuntaskan perlawanan Wahyu/Ade dengan angka tipis 21-19.

Di perempatfinal Lu/Yang sudah ditunggu ranking 3 dunia pemegang gelar Juara Dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen. Mereka telah lolos ke perempatfinal terlebih dahulu setelah menghabisi duo Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge.

Dengan kekalahan Wahyu/Ade maka ganda putra RI yang berlaga di turnamen ini tersisa 3 pasangan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca: Juara Dunia Bulutangkis Terkaya Dihajar Gadis 17 Tahun di Denmark Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya