Jago Depan Net, Legenda Bulutangkis: Leo Carnando Mirip Kevin Sanjaya

Leo Rolly Carnando (depan) dan Daniel Marthin (belakang).
Sumber :
  • BWF

VIVA – Nama Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin makin akrab di kalangan para pecinta bulutangkis Indonesia. Pasangan ini adalah juara dunia ganda putra junior 2019. Leo/Daniel berhasil membawa pulang emas dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior beberapa pekan lalu di Rusia.

Menangi Perang Saudara, Bagas/Fikri Tembus Final Swiss Open 2024

Penampilan pasangan ganda putra ini mencuri perhatian. Aksi mereka melawan pasangan unggulan China di babak final membuahkan hasil manis dan menyudahi puasa emas kategori tersebut sejak tahun 1992. 

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masuk ke dalam beberapa nama junior yang paling jadi sorotan versi BWF. Meski masih terlalu dini, namun pasangan ini sudah diprediksi punya keunggulan seperti senior mereka. 

Swiss Open 2024: Ganda Putri dan Putra Indonesia Pastikan Tempat di Final

Alan Budikusuma, mantan peraih emas Olimpiade memberi komentarnya untuk Leo/Daniel. Mengutip situs BWF Badminton, suami Susy Susanti ini bahkan menyebut Leo Rolly Carnando punya kemiripan dengan Kevin Sanjaya, pemain ganda putra nomor satu dunia.

Baca Juga: Juara Dunia Lagi, Leo Rolly Carnando Bibit Unggul Bulutangkis INA

Ada Apriyani/Fadia, 6 Wakil Indonesia Tempur di Perempat Final Swiss Open 2024 Malam Ini

"Leo, di depan, sangat cepat dan sangat akurat. Dia sangat mirip dengan Kevin Sanjaya. Daniel sangat kuat. Jadi, mereka adalah ganda putra harapan di masa depan," kata Alan. 

Sang legenda pun percaya bahwa Leo/Daniel bisa bersaing di level senior. Pasangan muda ini memang akan mulai bermain di tingkat senior mulai tahun depan. 

"Ini adalah tahun terakhir mereka di junior. Tahun depan, mereka bisa mulai main di level senior dan saya yakin, mereka akan melakukannya dengan baik," tambahnya.

Leo/Daniel dan tim junior Indonesia berhasil membawa pulang Piala Suhandinata yang lama melanglang buana. Di kejuaraan dunia ini, Leo juga membawa perak dari sektor ganda campuran bersama pasangannya, Indah Cahya Sari Jamil. 

Selain Juara Dunia Junior 2019, Leo/Daniel juga juara di Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior pada Juli lalu. Dalam turnamen tersebut, Leo juga memenangkan dua gelar, satu lagi pada sektor ganda campuran, masih bersama Indah.

Untuk level senior, Leo/Daniel tak lagi main rangkap dan akan fokus sebagai ganda putra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya