Musuh Minions Keok, Tuan Rumah Fuzhou China Open Babak Belur

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Tuan rumah BWF World Tour Super 750, Fuzhou China Open 2019, benar-benar bernasib tragis. Mereka dipastikan tak bisa lagi merebut gelar juara ganda putra yang sudah 3 tahun tak pernah mereka kuasai.

Gugur di China Open 2023, Perut Rehan Naufal Disebut Tidak Ideal sebagai Atlet

China dipastikan gagal menjuarai sektor ganda putra turnamen berhadiah total 700.000 Dolar Amerika Serikat ini setelah satu-satunya ganda mereka yang tersisa, yakni Li Junhui/Liu Yuchen dijungkalkan pemuda Sungai Gangga, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Dalam laga perempatfinal yang baru saja dilangsungkan di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Jumat 8 November 2019, penguasa ranking 3 dunia itu tumbang dihajar dalam dua game oleh Satwiksairaj/Chirag dengan angka 21-19 dan 21-15.

Daftar Juara China Open 2023

Kekalahan Li/Liu ini membuat bulutangkis China babak belur. Bagaimana tidak, dengan kegagalan ini maka genap 4 tahun sudah mereka tak bisa menjuarai sektor ini, terakhir kali China berjaya pada 2015 melalui perjuangan Li/Liu.

Yang sangat menyakitkan dan tentunya memalukan, padahal di turnamen ini China memiliki wakil paling banyak di sektor ganda putra. Tercatat negeri panda mengerahkan 6 pasangan sekaligus. Mulai dari pemain yang paling junior yang paling tersenior. Dari 6 ganda China itu, cuma Li/Liu yang berhasil melaju sampai perempatfinal.

Raja Bulutangkis Dunia Ganas, Harapan Jojo ke Final China Open 2023 Pupus

Empat ganda secara tragis kalah bersamaan di babak 16, Han Chengkai/Zhou Haodong yang dihajar Mark Lamfus/Marvin Seidel; lalu Kai Xiang/Liu Chen yang dipecundangi Marcus Ellis/Chris Langridge.

Dan dua ganda lainnya yang dihabisi dua raja ganda putra Indonesia. Masing-masing He Jiting/Tan Qiang yang dikalahkan kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon; serta Ou Xuan Yi/Zhang Nan yang mengalami kekalahan tragis dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sementara, ganda putra termuda China, Di Jian/Wang Chang paling dahulu tersingkir. Juara Dunia Junior 2018 itu dikalahkan ganda Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzudin di babak 32 besar.

Sejak turnamen ini pertama kali digelar para 2005, China telah merebut 7 dari 14 gelar juara ganda putra. Sayangnya, dalam empat tahun terakhir ini gelar juara direbut 3 negara secara bergantian dimulai dari Korea Selatan yang menjuarai pada 2016 melalui Lee Yong Dae/Yoo Yeon-seong, lalu Taiwan pada 2017 melalui Chen Hung-Ling/Wang Chi-Lin dan Indonesia di tahun 2018 melalui Kevin/Marcus.

Baca: Tak Disangka, Ahsan/Hendra Dikalahkan Ranking 14 di Fuzhou China Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya