Dahsyat, Kevin/Marcus Amuk Juara Dunia China di Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke perempatfinal BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 setelah menggasak Juara Dunia 2017, Liu Cheng dan duet barunya Huang Kai Xiang.

Buka-bukaan Apri/Fadia dan Jojo Usai Juara Hong Kong Open 2023

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di Hong Kong Coliseum, Hong Kong, Kamis petang 14 November 2019, Kevin/Marcus nyaris saja dikalahkan karena telat ganas.

Pertarungan memperebutkan tiket lolos ke perempatfinal ganda putra antara The Minions dan Huang/Liu berlangsung sengit sejak awal game pertama dimulai. Kedua pasangan saling gempur dengan taktik permainan bola-bola cepat.

Jonatan Christie Wins Hong Kong Open After Defeating Kenta Nishimoto

Terlihat jelas penguasa ranking 1 dunia itu sempat dibuat kewalahan, terbukti Kevin/Marcus sempat tertinggal 1-3 dari Huang/Liu. Sepanjang pertandingan kedua pasangan lebih sering berbagi angka sama, hingga pertengahan game saja terjadi 8 kali skor imbang. Namun saat jeda Kevin/Marcus tertinggal pada kedudukan 9-11.

Selepas jeda Kevin/Marcus berusaha mendobrak pertahanan ranking 26 dunia. Tapi memang cukup sulit, alih-alih mengejar angka, pemborong 3 gelar juara BWF World Tour Super 750 secara beruntun itu malah semakin tertinggal angka pada skor 9-12.

Daftar Juara Hong Kong Open 2023

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pecinta bulutangkis muncul juga, Kevin/Marcus untuk pertama kali usai jeda bisa menyamakan angka 15-15 setelah sempat tertinggal 13-15. Namun, Huang/Liu tak membiarkan lawannya itu untuk menguasai laga, pertarungan pun sengit dan beberapa kali terjadi hasil imbang seperti pada kedudukan 16-16, 17-17 dan 18-18.

Memasuki waktu krusial laga semakin menegangkan saja, apalagi ketika di menit 20 Huang/Liu mendapatkan peluang untuk menutup game saat unggul pada kedudukan 18-20. Kevin/Marcus mulai panik dan berusaha menggagalkan kemenangan itu. Sayang upaya mereka kandas, Huang/Liu keburu menutup game dengan kemenangan tipis 19-21.

Kekalahan itu cukup membuat Kevin/Marcus terpukul. Di game kedua semangat mereka semakin membara untuk bisa merebut kemenangan. Sejak awal game mereka langsung gempur pertahanan Huang/Liu.

Duo China itu terlihat kewalahan dengan sergapan itu, apalagi setelah poin sama kuat 1-1, Kevin/Marcus berhasil dengan cepat melesatkan perolehan angka hingga langsung unggul jauh pada kedudukan 8-3. Sayang saat jeda keunggulan Kevin/Marcus menipis jadi 11-8.

Setelah jeda Huang/Liu mendapatkan 3 poin beruntun dan berhasil menyamakan angka pada skor 11-11. Melihat kebangkitan lawannya itu Kevin/Marcus kembali  mengganas, hasilnya sangat baik, mereka memborong 5 poin beruntun dan kembali unggul 16-11.

Malah di menit 30 Kevin/Marcus sudah dekat dengan gerbang kemenangan karena unggul 18-14. Kali ini, Kevin/Marcus benar-benar berada di depan pintu kemenangan setelah di menit 32  membuka peluang dalam kondisi unggul angka 20-17.

Dan akhirnya di menit 33 Kevin/Marcus merebut kemenangan dengan angka 21-18. Laga pun harus dituntaskan melalui game tambahan.

Di game penentu Kevin/Marcus benar-benar mengamuk, dalam waktu singkat mereka berhasil memborong 11 poin dan langsung unggul jauh pada kedudukan 11-1 di jeda pertengahan game.

Dalam posisi sangat-sangat di atas angin itu, Kevin/Marcus tak lagi bisa dibendung, usai jeda mereka kembali mengamuk, di menit 42 Kevin/Marcus sudah unggula 10 poin pada kedudukan 16-6.

Akhirnya Kevin/Marcus menghancurkan duet anyar itu di pertemuan pertama mereka dengan skor akhir 21-11.

Dengan kemenangan ini mereka melaju ke perempatfinal untuk berhadapan dengan raja ganda putra Asia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Baca: Raja Hong Kong Open Roboh di Tangan Pebulutangkis Denmark

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya