Gila, Juara Dunia Dihabisi Ranking 27 di Semifinal Hong Kong Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Semifinal BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 benar-benar dipenuhi kejutan-kejutan yang luar biasa.

Ganda Putri Jepang Melesat di Ranking Dunia, Apri/Fadia Jadi Korban

Kali ini terjadi di sektor ganda putri, ratu bulutangkis dunia, pemegang gelar Juara Dunia beruntun di tahun 2018 dan 2019, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara gagal lolos ke final akibat dibantai Chang Ye Na/Kim Hye Rin.

Walau cuma berbekal ranking 27 dunia, tak sedikitpun Chang/Kim gentar menghadapi pemegang gelar Juara Dunia 2018 dan 2019 itu. Terbukti sejak awal game pertama justru mereka yang mendominasi pertarungan dan menguasai perolehan poin.

Ganda Jepang Comeback, Perjuangan Ana/Tiwi Berakhir di Perempatfinal Denmark Open 2023

Mayu/Wakana berusaha lepas dari tekanan permainan cepat yang diperagakan duo Korea Selatan itu, memang beberapa kali mereka bisa unggul seperti pada skor 5-7 dan 7-9. Namun mendekati jeda ranking 3 dunia itu semakin keteteran apalagi ketika Chang/Kim berbalik unggul 11-9.

Keunggulan 2 poin membuat semangat Chang/Kim untuk menghancurkan ganda terakhir Jepang itu semakin membara. Dampaknya sangat luar biasa, mereka mampu unggul hingga akhir game dan merebut kemenangan dengan angka 21-18.

Buka-bukaan Apri/Fadia dan Jojo Usai Juara Hong Kong Open 2023

Kemenangan di game pertama membuat Chang/Kim semakin membara untuk bisa menyingkirkan Mayu/Wakana. Memang di awal game terjadi pertarungan sengit. Tapi setelah skor sama kuat 4-4. Mayu/Wakana mulai terseok-seok dengan strategi Chang/Kim yang pintar memainkan tempo. Terbukti saat jeda mereka tertinggal jauh 11-6.

BWF World Tour.

Selepas jeda Mayu/Wakana berusaha lepas dari jebakan gaya bermain Chang/Kim. Tapi mereka selalu gagal. Malahan dengan sangat cepat Chang/Kim mampu melesatkan keunggulan hingga berjarak 10 poin pada skor 19-9.

Mayu/Wakana kian tertekan, mereka berusaha tampil tenang untuk bisa menggagalkan kemenangan lawan yang sudah di depan mata. Mereka bermain sangat hati-hati dengan memanfaatkan bola-bola servis efektif. Pola itu cukup mujarab meredam serangan cepat lawan, perlahan mereka bisa memangkas jarak angka jadi cuma tersisa 5 poin pada kedudukan 19-14.

Hanya saja, Chang/Kim berhasil memaksa Mayu/Wakana untuk bermain cepat. Hal itu membuat Mayu/Wakana kehilangan fokus dan buntutnya dengan mudah Chang/Kim merebut dua poin terakhir untuk menuntaskan perlawanan Mayu/Wakana dengan skor 21-14.

Dengan kemenangan ini, Chang/Kim lolos ke final untuk menghadapi juara All England Open 2019, Cheng Qingchen/Jia Yifan yang telah lolos lebih dahulu setelah melumat rekan senegara Chang/Kim, yakni Baek Ha Na/Kyung Jung Eun.

Sementara itu, kekalahan Mayu/Wakana membuat Jepang kehilangan salah satu gelar juara yang mereka dapatkan di Hong Kong Open 2019. Di turnamen itu, Jepang memborong 3 gelar juara salah satunya ganda putri melalui Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca: Terjadi Duel Paling Dramatis di Semifinal Hong Kong Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya