SEA Games 1977, Taji dan Prestasi Indonesia Guncang Asia Tenggara

SEA Games 1977 Kuala Lumpur, Malaysia
Sumber :
  • twitter.com/pia_riii/

VIVA – Pentas multievent bergengsi Asia Tenggara, SEA Games 2019 tak lama lagi akan mulai bergulir di Manila, Filipina. Ajang itu pun kerap dijadikan sebagai salah satu tolok ukur hasil pembinaan dan prestasi sebuah bangsa di era modern ini.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Meski kini sudah tak seperkasa torehan rekor dan prestasinya dulu, kontingen Indonesia tetap menjadi kekuatan besar yang masih disegani di kawasan Asia Tenggara sejak dulu kala. Bahkan, hal ini terbukti saat pertama kalinya armada Merah Putih tampil di panggung pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Pada tahun 1977, Indonesia untuk pertama kali mengikuti perhelatan SEA Games. Tidak tanggung-tanggung, saat itu Indonesia langsung mampu menjadi juara umum dalam gelaran yang berlangsung 19-26 November 1977 di Malaysia tersebut.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

SEA Games 1977 merupakan pesta olahraga di Asia Tenggara yang pertama digelar dengan format peserta seperti sekarang. Sebelumnya, ajang ini bernama Southeast Asian Peninsular (SEAP) Games karena diikuti oleh negara-negara di sekitar semenanjung Malaysia.

Selain Indonesia, dua negara yakni Brunei Darussalam dan Filipina juga untuk pertama kali terjun di tahun tersebut. Di Malaysia, para atlet Indonesia langsung unjuk gigi mendominasi pesta olahraga ini.

Top Trending: Jemaah Umrah Alami Keajaiban di Masjid Nabawi, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Mereka berhasil membawa Indonesia menjadi yang terbaik dengan menjadi pengumpul medali emas terbanyak dengan 62 medali emas, 41 medali perak dan 34 medali perunggu.

Pada ajang SEAP Games yang digelar sebelum nama dan format SEA Games diberlakukan, kontingen Thailand dan Burma (Myanmar) sangat mendominasi perolehan medali.

Wasit asal Arab Saudi Majed Mohammed Al Shamrani

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Sosok wasit menjadi sorotan jelang duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Australia di penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024 malam hari ini, Kamis 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024