Buka Laga SEA Games 2019, Indonesia Sukses Permalukan Thailand

Egy Maulana Vikri (10) mencetak gol pertama Indonesia di SEA Games 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Indonesia dengan apik berhasil memetik kemenangan berharga 2-0 dari Thailand dalam laga pembuka penyisihan Grup B SEA Games, Selasa 26 November 2019. Skuat besutan Indra Sjafri pun merebut poin penuh dalam duel perdananya dari juara bertahan di depan publik Rizal Memorial Stadium, Manila.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Laga baru memasuki menit keempat, Indonesia berhasil memetik keunggulan, berawal dari sepak pojok Evan Dimas dikombinasikan untuk melepaskan umpan tarik ke mulut gawang Thailand. Kemelut pun terjadi, namun bola mampu dikuasai Egy Maulana Vikri yang bisa lepaskan tendangan yang berbuah gol untuk Garuda Nusantara.

Skor 1-0 keunggulan Indonesia menjadikan penampilan Evan Dimas cs makin percaya diri untuk meladeni ketangguhan skuat Thailand. Pola dan skema permainan Indonesia pun seolah bergulir lancar dan mampu merepotkan pertahanan Thailand.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Menit 16, Evan Dimas memiliki peluang emas dengan placing-nya  memanfaatkan umpan akurat Egy Maulana Vikri. Sayangnya, bola masih bergulir melambung di atas mistar gawang Thailand, Nont Muangngam.

Peluang emas kembali dicatatkan skuat Merah Putih saat Saddil Ramdani dengan ciamik melepaskan umpan silang ke muka gawang Thailand. Namun lagi-lagi sayangnya umpan cantik Saddil tak mampu disambut dengan baik oleh Egy dan gagal menambah keunggulan Indonesia.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Thailand un tampil buka tanpa tekanan. Menit 40, Suphanat Mueanta mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti saat berada bebas dengan penguasaan bola yang masih jauh dari mengarah ke gawang.

Hingga wasit asal Bahrain, Ismail Habib Ali meniup peluit tanda rampungnya 45 menit durasi paruh laga, skor 1-0 keunggulan Indonesia bertahan mengantarkan kedua tim turun minum menuju ruang ganti.  

Babak kedua bergulir, Indonesia mengubah sedikit formasi pemainnya. Wonder kid Egy Maulana Vikri ditarik keluar dan digantikan oleh Feby Eka Putra.

Meski Thailand kerap mengambil inisiatif serangan dengan memanfaatkan celah pertahanan Indonesia, namun belum baiknya penyelesaian akhir menjadikan skor tetap 1-0 untuk indonesia.

Asnawi Mangkualam mendapat peluang saat berlari sendiri masuk pertahanan Thailand kemudian melepaskan tendangan, sayang bola masih membentur mistar gawang lawan.

Skuat Gajah Putih mampu mendominasi penguasaan bola saat laga masuk menit ke-70. Sejumlah serangan berbahaya Thailand masih mampu diredam kiper Garuda Nusantara, Nadeo Arga Winata dibawah mistar gawang Indonesia.

Menit 87 Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui penyerang Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay. Berbekal serangan balik cepat yang dibangun Saddil Ramdani ke pertahanan Thailand yang kosong, dengan cerdik menyodorkan bola ke Osvaldo yang tak terkawal untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 2-0 untuk Indonesia untuk mengantarkan kemenangan perdana Evan Dimas cs di SEA Games 2019. Ini menjadi modal sangat berharga Indonesia mengingat Thailand merupakan juara bertahan dan lawan terberat di Grup B serta membawa Garuda Nusantara kini bercokol di posisi kedua klasemen dengan poin 3 di bawah Vietnam yang unggul selisih gol.

Susunan pemain:
Indonesia U-23:
Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Firza Andika, Bagas Adi Nugroho, Andi Setyo; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Saddil Ramdani, Syarian Abimanyu, Egy Maulana Vikri (Feby Eka Putra 46’), Muhammad Rafli (Osvaldo Haay 65’).

Thailand U-23: Nont Muangngam, Thitathorn Auksornsri, Shinnaphat Leeaoh, Srayut Sompim, Saringkan Promsupa, Anon Amornlertsak, Jaroensak Wonggorn (Wisarut Imura 81’), Chatmongkol Tongkiri, Kritsada Kaman, Supachai Jaided, Suphanat Mueanta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya