Kevin/Marcus Waspadalah, Ganda Otot Super Lolos BWF World Tour Finals

BWF World Tour.
Sumber :
  • IG Lu Ching Yao

VIVA – Federasi Bulutangkis Dunia sudah menerbitkan daftar pebulutangkis yang lolos dan bakal perlaga di ajang turnamen tahunan bulutangkis tertinggi dunia, BWF World Tour Finals 2019, Rabu 27 November 2019.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Dalam daftar itu, dua nama di sektor ganda putra yang menjadi sorotan dunia, mereka adalah duet Lu Chin Yao dan Yang Po Han.

Nama ganda putra asal Taiwan ini menjadi perbincangan karena berhasil lolos dengan predikat sebagai berotot super, sebab mereka menjadi ganda putra yang mengikuti turnamen terbanyak sepanjang tahun ini.

Apriyani/Fadia Permalukan Ganda Putri China di Ranking Dunia

Berdasarkan catatan BWF, penguasa ranking 16 dunia ini sudah turun tanding di 26 turnamen dan 3 kejuaraan dunia sejak Januari hingga November 2019.

Mereka tercatat bertanding nyaris di semua level turnamen BWF, mulai dari Super 100, Super 300, Super 500, Super 750 dan Super 1000.

Fajar/Rian Dipecundangi Ganda Korsel di Ranking Dunia

BWF World Tour.

Mereka pertama turun tanding di Thailand Masters, Malaysia Masters, Indonesia Masters, Spain Masters, German Open, All England Open, Swiss Open, Malaysia Open, Singapore Open, Australian Open, Canada Open, US Open, Indonesia Open, Japan Open, Thailand Open, Chinese Taipei Open, Vietnam Open, China Open, Korea Open, Dutch Open, Denmark Open, French Open, Macau Open, Fuzhou China Open, Hong Kong Open dan terakhir di Korea Masters.

Lalu berlaga juga di Tong Yun Kai Cup, Badminton Asia Championships dan BWF World Championships 2019.

Dari hasil perjalanan turnamen yang panjang dan beruntun itu, mereka akhirnya bisa finish di peringkat 8 ranking tur BWF dan mereka lolos ke BWF World Tour Finals 2019. Mereka menempati ranking 8 dengan perolehan poin total 86,130.

Dan menyingkirkan rekan senegara mereka Liao Min Chun/Su Ching Heng. Padahal tahun 2018, Liao/Su lolos ke BWF World Tour Final dengan modal ranking 4 tur BWF.

Hebatnya lagi, semua ajang diikuti Lu/Yang tanpa mengalami cedera sekalipun. Namun, meski banyak turnamen dan kejuaraan yang diikuti, mereka belum pernah naik ke podium juara lho. Prestasi terbaik mereka hanya sebagai runnerup di Thailand Masters 2019.

BWF World Tour.

Meski begitu, mereka memiliki rekam jejak yang cukup mengerikan lho, di Denmark Open 2019 misalnya, dia menghajar ranking 3 dunia sekaligus pemegang gelar Juara Dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen di perempatfinal.

Malahan di babak pertama mereka menghajar ganda putra terbaik tuan rumah, Kim Astrup/Anders Skaarups Rasmussen.

Dan di turnamen BWF Super 750 itu perjalanan mereka baru terhenti setelah kalah tarung lawan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di semifinal.

Dengan catatan di atas di BWF World Tour Finals 2019 Lu/Yang bakal menjadi ancaman serius bagi ganda-ganda putra top dunia.

Dan yang perlu dicatat nih, belum ada ganda putra  manapun di dunia yang mengikuti turnamen sebanyak itu dalam kurun waktu kurang dari setahun lho. Cuma mereka doang.

Baca: Terlengkap, Daftar Pebulutangkis yang Lolos BWF World Tour Finals 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya